Resmi Dilantik, Ratusan Anggota PPK, Ditekan Agar Menjaga, Integritas dan Profesional

Resmi Dilantik, Ratusan Anggota PPK, Ditekan Agar Menjaga, Integritas dan Profesional

Ketua KPU Lotim saat melakukan prosesi pelantikan dan pengambilan sumbah ratusan PPK terpilih 


Lombok Timur Nusrapost.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah janji, pada ratusan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas mengawal pemilihan umum tahun 2024 mendatang. Adapun pelantikan tersebut berlangsung di aula Hotel Grand Orry, Tetebatu Selatan Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur Rabu (4/1).

Ketua KPU Lombok Timur M. Junaidi, dalam sambutannya menyampaikan, proses seleksi itu merupakan suatu tahapan awal, maka setelah pelantikan ini ada tugas baru bagi PPK, dengan catatan menekankan tiga komitmen, yang pertama integritas, kedua profesionalitas, ketiga loyalitas.

"Buktikan itu kepada bangsa dan negara khususnya Kabupaten Lombok timur," ucapnya.

Berkaca pada pemilu 2019, Lanjut Junaidi, Lombok Timur menjadi salah satu kabupaten yang paling sukses menyelenggarakan pemiliu yang terhitung secara nasional, dan padahal di tahun 2017 pernah menjadi nomor satu paling rawan di Indonesia.

"kami akan berjuang, berusaha untuk berubah dari tingkat rawan tinggi itu menjadi zona hijau tidak rawan lagi, ini berkat dukungan pemerintah, TNI-Polri dan semua ratusan masyarakat yang ada di Lotim."bebernya.

Sementara itu, ketua KPU Provinsi NTB Suhardi Soud menyampaikan, KPU RI menggunakan seluruh tahapan pemilu berbasis sistem informasi, ini bagian dari tranparansi, akuntabilitas dan keterbukaan kita terhadap hasil pemilu.

"Karena, yang diinginkan oleh KPU RI bahwa ingin menciptakan digitalisasi pemilu berbasis TPS baik dari proses maupun hasil." ungkapnya.

lanjut ia menjelaskan, PPK sekarang berbeda dengan sebelumnya. Karena sekarang dari proses pendaftaran menggunakan sistem siakba dan badan ad-hoc dan tidak membatasi pendaftaran siapa saja yang mendaftar, karena menggunakan tes CAT.

"Berapapun yang daftar siapapun yang nilainya bagus di urutan satu sampai 15, maka ialah yang berkesempatan tahap wawancara yang menjadi penentu kelulusan." katanya

Terakhir ia menegaskan untuk terus semangat dan spritualitas yang menjadi kekuatan untuk menjalankan kepemiluan ini.

"Setiap pemilu beda-beda tantangannya, kadang kadang kita menambal masalah yang sudah terjadi tapi ternyata ada juga hal lain yang tidak kita pikirkan." pungkasnya. (Cr-Am)

Tags

Post a Comment