Gaet wisatawan dari Kearifan Lokal

Gaet wisatawan dari Kearifan Lokal

Penulis : Rismayanti Mahasiswi Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB

Berbicara mengenai kedua kata tersebut tentu semua paham apa itu kearifan lokal. Seperti yang diketahui kearifan lokal adalah suatu nilai kebudayaan yang tidak dapat dipisahkan dari kalangan masyarakat yang pada umumnya diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. 

Kearifan lokal yang masih terjaga sampai saat ini bisa dilihat di Desa Jeruk Manis Kecamatan Sikur Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB). Desa ini begitu mempesona eksotis dan indah sehingga dengan kondisi itu, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung.

Selain indah dan mempesona desa yang terletak di kaki gunung Rinjani itu, ternyata memiliki banyak potensi Alam dan atraksi seni budaya dan keindahannua pun semakin terlihat dari keramahantamahan masyarakatnya yang begitu kompakan terlebih saat menggelar event maupun saat melaksanakan gelaran adat/budaya. 

Salah satu yang memukau wisatawan dalam gelaran budaya yakni penggunaan pakaian adat yang begitu serasi dan dipakai semua pemuda. Saat awal tahun diakui banyak wisatawan berbondong-bondong untuk berlibur di desa tersebut dikarenakan banyak obyek wisata yang menarik dan tergolong unik. Salah satu tempat wisata tersebut yakni air terjun jeruk manis atau akrab di sebut oleh masyarakat air terjun "Jerman". 

Buat teman-teman yang berkeinginan berkunjung ke lokasi itu, para wisatawan harus melewati jalur ekstrim dengan berjalan kaki melintasi hutan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).

Untuk dapat menikmati indahnya air terjun itu, Jarak tempuh yang dilewati begitu panjang yakni sekitar 1,5 KM, Namun oleh wisatawan hal demikian dianggap sebagai sebuah pengalaman menarik sebab bisa dibilang wisata tersebut sangat cocok untuk kita yang ingin menurunkan berat badan.

Mengenai suhu, secara geografis desa ini terletak sekitar 400-500 meter dari permukaan laut, sehinggga membuat suhu udara di desa tersebut menjadi salah satu daya tarik untuk berwisata. 

Hal lain yang menjadi daya tarik di desa ini yaitu potensi wisata air terjun, tercatat jumlah air terjun diwilayah itu ada beberapa buah, seperti air terjun Durian Indah, Ribu Bunter dan spot foto. Tidak hanya itu didesa itu juga uniknya bisa dilewati para penggemar camp dan bisa sebagai salah satu jalur pendakian. 

Mata pencaharian masyarakat, sebagian besar bertani, berkebun dan beternak, sementara untuk menggarap potensi wisata masyarakat mempercayakannya pada kemampuan pemuda maka dari itu sejauh ini yang mengelola wisata adalah para pemuda.

Namun semenjak Indonesia terkena virus corona (covid-19) beberapa tempat wisata tidak begitu ramai pengunjung dan selama pandemi ini masyarakat juga tidak bergantung dengan pada potensi wisata.

Tags

1 Comments: