UHH Jadi Alat Evaluasi Pemda Lotim Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Penduduk

UHH Jadi Alat Evaluasi Pemda Lotim Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Penduduk


Lombok Timur Nusrapost.com -- Progres Indeks Pembangunan  Manusia (IPM) Lombok Timur bergantung pada angka usia harapan hidup (UHH). UHH sebagai alat mengevaluasi kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk. Hal itu disampaikan Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik saat membuka kegiatan Pertemuan Koordinasi Terintegrasi Program Kesehatan dengan Lintas Sektor dan Lintas Program tingkat Kabupaten Lombok Timur Kamis (21/12).

Ia menyebut angka IPM di Lombok Timur mencapai 70,65 menempati posisi ke-7 se-NTB. UHH sebesar 71,72 mengantarkan Lombok Timur mencapai angka tersebut.  Keberhasilan itu dinilai berkat kerja dan dukungan semua pihak. Karena itu Ia mengingatkan untuk tetap bekerja sama sehingga akses layanan dapat berjalan dengan lancar.

Memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat Pemda terus membenahi fasilitas dan layanan kesehatan di daerah ini, “Jika ingin meningkatkan usia harapan hidup, setelah rumah sakit, polindes, dan pustu sudah bagus, maka persoalan yang harus digotong royongkan bersama adalah bagaimana mendayagunakan posyandu,” imbuhnya.

Kendati mengapresiasi keberadaan posyandu keluarga berprestasi ia mengingatkan pentingnya standarisasi dan memperkuat kader Posyandu sehingga kualitas layanan juga semakin meningkat.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan H. Fathurrahman menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah menyosialisasikan integrasi layanan primer. Sistemnya adalah sosialisasi berjenjang dengan menghadirkan camat dan kepala puskesmas di wilayah masing-masing, “Tujuan pokoknya yaitu menyamakan persepsi di level kecamatan,” katanya.

Rakor tersebut diikuti Kepala  OPD terkait, camat, dan 35 kepala puskesmas yang ada di Lombok Timur serta perwakilan BPJS Kesehatan. (*)

ikuti kami di google news

 

Tags

Post a Comment