Relawan Desa Pemadam Kebakaran Di Sosialisasikan Dinas Damkarmat Lotim

Relawan Desa Pemadam Kebakaran Di Sosialisasikan Dinas Damkarmat Lotim

Lombok Timur Nusrapost.com -- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat), Kabupaten Lombok Timur siaga bencana di desa. 

Pada senin, (30/10) kemarin, pihaknya telah melakukan sosialisasi pembentukan Relawan Desa Pemadam Kebakaran yang disebut Redkar di desa Sukamulia Timur, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan tersebit merupakan salah satu langkah cepat yang dilakukan oleh Dinas Damkarmat dalam menindak lanjuti program Mentri Dalam Degeri nomor 364 yang disampaikan PJ Bupati Lombok Timur di halaman kantor Bupati.

Kepala Bidang Pencegahan Damkarmat Kabupeten Lombok Timur, Athar, SAP mengungkapkan, pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran Desa dinilai penting sebagai bentuk antisipasi potensi bencana kebakaran di desa.

"Sesuai peraturan Mentri Dalam Negeri bahwa harus dibentuk relawan Pemadam Kebakaran Desa (Redkar) di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia,"ucapnya.

Terhadap amanah tersebut, Athar menyampaikan PJ Bupati Lombok Timur menunjuk Desa Sukamulia Timur menjadi Pilot Projek untuk memulai program Redkar.

Desa Sukamulia Timur, terangnya, bakal menjadi embrio-embrio terbentuknya Redkar di Kabupeten Lombok Timur.

Selanjutnya, Athar Menjelaskan, tugas yang bakal diemban Relawan Pemadam Kebakaran Desa (Redkar). Yang pertama, yaitu dapat memetakan potensi rawan bencana kebakaran, kedua bekerjasama dengan pihak ketiga, selanjutnya kemasyarakatan, dimana tugasnya ialah mensosialisasikan hingga tingkat RT.

Lebih lanjut, Athar mengungkapkan, untuk memaksimalkan Redkar nantina bakal dilakukan pemmbinaan berupa pembekalan. Hal itu dilakukan guna membentuk Redkar yang profesional.(*)

cek berita dan artikel lainnya di google news 

Tags

Post a Comment