Dikes Lotim, Pastikan Pengadaan Obat Tahun 2022 Terpakai Semuanya Dan Tidak Ditemukan Obat Yang Kadaluwarsa.

Dikes Lotim, Pastikan Pengadaan Obat Tahun 2022 Terpakai Semuanya Dan Tidak Ditemukan Obat Yang Kadaluwarsa.

 

Lalu Bagus Wikrama Sekretaris Dinas Kesehatan Lombok Timur 

Lombok Timur Nusrapost.com -- Sekretaris Dinas Kesehatan Lombok Timur, Lalu Bagus Wikrama memastikan pengadaan obat tahun 2022 lalu terpakai semuanya dan tidak ditemukan obat yang kadaluwarsa. Hal demikian, sesuai dengan ketentuan obat yang didistribusikan masa expirednya dua tahun. Berbeda halnya dengan beberapa obat yang diadakan tahun 2021. Dimana pada tahun itu, terdapat beberapa yang tidak digunakan karena spesifikasi penyakit dengan obat yang disiapkan tidak ditemukan.

“Kita pastikan untuk obat yang diadakan tahun kemarin tidak ada yang kadaluwarsa, bahkan pengadaan 2021 saja tidak banyak yang kadaluwarsa,” jelasnya, Jumat (13/1/2023).

Sementara itu, pengadaan obat tahun 2023 masih dalam tahapan perencanaan terhadap obat yang menjadi kebutuhan masyarakat, terlebih tahun ini Pengadaan obat pada Dikes Lotim tidak disupport dari Dana Alokasi Khusus (DAK), namun diakomodir lewat Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 9 miliyar include dengan Barang Medis Habis Pakai (BMHP).

“Tahun ini tidak ada pengadaan obat lewat DAK, tapi dari DAU sebesar 9 miliyar include dengan BMHP,” ujarnya.

Lanjut Bagus, saat ini Kabupaten Lombok Timur terus intens melakukan pengawasan terhadap apotek, untuk memastikan tidak adanya obat yang beredar yang mengandung bahan merkuri.

“Hampir setiap hari kami melakukan monitor terhadap apotek, hal ini sebagai upaya menjaga masyarakat agar terhindar dari obat berbahan merkuri,” paparnya.

Ia juga menyebutkan, sampai saat ini Kabupaten Lombok Timur masih memiliki stok obat yang mencukupi.

“Jika mengacu pada kebutuhan Masih aman, stok yang kita miliki sampai 12 bulan,” pungkasnya. (Cr-Am)

Tags

Post a Comment