Diduga Tidak Bisa Berenang, Warga Rarang Tengah Meninggal Di Kolam Renang Odang Kotaraja

Diduga Tidak Bisa Berenang, Warga Rarang Tengah Meninggal Di Kolam Renang Odang Kotaraja

Polisi Saat melakukan olah TKP 


Lombok Timur Nusrapost.com – Diduga lantaran tidak bisa berenang, seorang warga bernama Mahli (25) Tahun asal Repok Waru Desa Rarang Tengah Kecamatan Terara Lombok Timur, Mininggal di salah satu destinasi wisata, Kolam Renang Odang Desa Kotaraja Kecamatan Sikur Lombok Timur. Sabtu (14/1).

Menurut Keterangan saksi, Amaq Fendi Irawan (30) Tahun yang beralamat sama dengan korban, bahwa pada hari sabtu tanggal 14 Januari 2023, sekira pukul 15.00 Wita, ia berangkat dari rumahnya bersama tujuh orang keluarganya menuju destinasi wisata itu, menggunakan kendaraan roda tiga (Caesar).

Sesampainya disana, selanjutnya Ia (saksi) bersama 7 orang tersebut, menaruh baju disebelah Barat kolam besar untuk mandi, sedangkan korban disuruh oleh saksi untuk menunggu / menjaga baju beserta barang lainnya. Hal itu, dikarenakan korban tidak bisa berenang.

Selanjutnya, kurang lebih 30 menit saksi sedang mandi dikolam lain, Sontak kemudian Saksipun, mendengar beberapa orang berteriak melihat seseorang tenggelam dikolam, selanjutnya saksi menuju kolam besar dan melihat korban berada dtengah kolam dalam posisi tenggelam didasar kolam.

Melihat hal tersebut saksi bersama pengunjung turun kekolam memberikan pertolongan selanjutnya korban dibawa menuju Puskesmas Kotaraja untuk mendapatkan pertolongan, dari hasil pemeriksaan dokter Puskesmas Kotaraja bahwa korban telah dinyatakan meninggal dunia.

Sedangkan menurut keterangan Pemilik Kolam Renang, Lalu Munawar, (59) tahun yang beralamat Dusun Otak Desa, Desa Kotaraja, Kecamatan Sikur Lombok Timur, bahwa pada hari sabtu tanggal 14 Januari 2022, sekira pukul 16.00 Wita, Ia sedang berada dihalaman kolam renang untuk melihat situasi pengunjung yang dating. Pada saat itu, Ia juga mendengar teriakan dari salah satu pengunjung mengenai, ada seseorang yang tenggelam dikolam besar, selanjutnya Iapun bergegas menuju kolam besar dan melihat korban sudah berada dipinggir kolam, saksi berusaha memberikan pertolongan dengan menekan dada korban untuk mengeluarkan air didalam tubuh korban.

“Kami bersama pengunjung langsung membawa korban menuju Puskesmas Kotaraja agar mendapatkan pertolongan, tetapi setelah dilakukan pemeriksaan medis oleh dokter, korban dinyatakan telah meninggal dunia,”ujarnya.

Kapolsek Sikur AKP I Gusti Dewa Astawa melalui Kasi Humas Polres Lotim IPTU Nicolas Osman menerangkan, dari hasil olah TKP dan pemeriksaan kondisi  tubuh korban bagian luar di temukan fakta – fakta, yakni, pada kolam renang dengan ukuran 25m x 15m dengan kedalaman berpariasi, yang dibuat miring dengan kedalaman 1m s/d 1,5m. Posisi korban ditemukan tengelam didasar kolam dengan kedalaman 1,35m dengan posisi korban tengkurap sedangkan tinggi korban 148 cm.

“Kondisi tubuh korban tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan. Pada Hidung Dan Mulut ditemukan busa sedangkan ditelinga korban tidak ditemukan cairan atau darah. Diduga korban meninggal belum 4 jam dari pemeriksaan kondisi korban. Sebab Pada kuku jari tangan dan kaki ditemukan dalam posisi membiru, area leher dan muka membiru diduga akibat oksigen tidak sampai atau kekurangan oksigen,”Jelasnya.

Untuk mengetahui penyebab  kematian korban lanjut Nicolas, pihaknya masih lakukan penyelidikan lebih lanjut guna mengungkap penyebab kematian korban dan di perlukan pemeriksaan menyeluruh dari dalam tubuh korban melalui Otopsi.

“Dari keterangan paman korban an.Amaq Maruhi,bahwa korban mengalami penyakit keterbelakangan Mental dari kecil dan belum pernah mendapatkan penanganan medis,”Tututpnya. (np)

Tags

Post a Comment