Dampak Industrialiasi, 25 Siswa SMKN 1 Sikur Akan Magang Ke Negri Jiran Malaysia

Dampak Industrialiasi, 25 Siswa SMKN 1 Sikur Akan Magang Ke Negri Jiran Malaysia



Lombok Timur Nusrapost.com -- Sebanyak 25 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sikur, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) akan dikirim magang ke negeri jiran Malaysia. 

Kerjasama ini dengan perusahaan asal Malaysia bernama World Skill Academy yang menjadi mitra industri dalam Program Pemagangan siswa-siswi SMKN 1 Sikur. 

SMKN 1 Sikur yang memiliki visi "Smart Inovatif, Kreatif, Unggul dan Religius" merupakan sekolah yang dinobatkan oleh Dikbud NTB dengan Bidang Keahlian Ekonomi Kreatif dan Pariwisata. Atas dasar itulah dipilih SMKN 1 Sikur untuk magang di hotel-hotel Malaysia selama enam bulan dan berangkat pada Bulan Maret 2023.

Untuk memastikan kerjasama ini, perusahaan asal Malaysia, World Skill Academy datang langsung ke Lombok Timur untuk melakukan sosialisasi. 

Sosialisasi tahap pertama ini dilakukan langsung oleh Pimpinan Perusahaan Malaysia, World Skill Academy, Datok Rizal dan didampingi Datok Kumar sebagai mitra industri kepada para guru dan Kepala SMKN 1 Sikur yang dihadiri langsung, Kepala Bidang SMK pada Dikbud NTB, Muhammad Khairul Ikhwan, S.Pd. MT. 

Pada kesempatan tersebut Kepala SMKN 1 Sikur, Ahmad Hasbi, M.Pd, mengatakan, baik program magang keluar negeri bekerjasama dengan Perusahaan World Skill Academy asal Malaysia. Program ini, kata dia, berawal pada Bulan Agustus yang merupakan janji dari Gubernur NTB, Dr. Zulkiflimansyah waktu peringatan HUT SMKN 1 Sikur. 

Pasalnya Magang ke Malaysia ini sejalan dengan program SMKN 1 Sikur yaitu untuk menggelobal. Inilah jawaban supaya kedepan lulusan-lulusan SMK merupakan lulusan yang tangguh, terampil dan cemerlang sesuai harapan pelaksanaan industrialisasi "Gemilang Karya".

"Begitu anak-anak kita pulang magang selama enam bulan dari Malaysia. Tentunya akan lebih mudah lagi terserap ke perusahaan dunia usaha dan dunia industri," jelasnya. 

Adapun 25 siswa yang dikirim ini merupakan kelas XII dan berusia 17 tahun ke atas. Sehingga baik secara teori, karakter, praktik sudah dewasa dan mampu memawas diri untuk menjaga nama baik SMK, keluarga bahkan negaranya karena magannya ke luar negeri. 

Pimpinan Perusahaan Malaysia, World Skill Academy, Datok Rizal, menyebut bahwa program ini pertama dilaksanakan bagi SMK yang berada di bawah naungan Dikbud NTB. Program magang ini dikhususkan bagi perhotelan di Malaysia dengan penempatan di hotel-hotel bintang empat ke atas.  

Perusahaan World Skill Academy memiliki 56 hotel di Malaysia yang sudah bekerjasama bedengannya yang sebagian besar berada di Kuala Lumpur. Dari pertemuan tersebut, mulai diproses tekhnis pemberangkatan 25 siswa SMKN 1 Sikur untuk magang antar bangsa atau internasional ke Malaysia. 

Selaku SMK pertama di NTB yang menerima progam ini, lanjut Datok Rizal, tentunya SMKN 1 Sikur akan menjadi sekolah perintis yang MoU-nya sudah ditandatangani pada 15 Agustus 2022 lalu. 

Dalam program inipun, nantinya didampingi 6 orang guru yang sebelumnya mengikuti tes AHA secara online dan dinyatakan lulus. "Begitupun dengan siswa, sembari magang akan mengikuti tes untuk mendapatkan sertifikat. Sedangkan bagi guru yang lulus sudah kita berikan sertifikatnya," ungkapnya. (**)

Tags

Post a Comment