Upaya Membumikan Al-Qur'an, Pemdes MBS Gelar STQ Tingkat Desa

Upaya Membumikan Al-Qur'an, Pemdes MBS Gelar STQ Tingkat Desa

Sekretaris Desa Montongbaan Selatan (Kiri), Kepala Desa Montongbaan Selatan Jumesah (Tengah), bersama tokoh masyarakat (Kanan).


Nusrapost.com -- Sebagai upaya dalam membumikan Al-Qur'an dan meningkatkan pemahaman, pendidikan keagaman bagi masyarakat serta generasi penerus bangsa. Pemerintah Desa Montongbaan Selatan (MBS) Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur menggelar Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat desa. Kegiatan tersebut difokuskan diaula serbaguna desa setempat selama beberapa hari kedepannya.  


Kepala Desa Montongbaan Selatan Jumesah usai pelaksanaan pawai taruf dalam Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Kamis (21/7/2022), mengatakan, pelaksanaan kegiatan yang dilakukannya itu, muncul berdasarkan inisiatif yang dirancangnya bersama para stakeholder baik dari lembaga-lembaga desa, pengurus masjid, Musholla TPQ maupun Pondok Pesantren yang ada diwilayahnya. 



Yang tujuannya agar bagaimana anak-anak yang telah berprestasi di kewilayahannya masing-masing dapat terseleksi di tingkat desa. 


"Karena pelaksanaan di setiap wilayah yang terus digelar, kemudian muncul inisiatif dari pemerintah desa agar bagaimana anak-anak yang berprestasi di kewilayahannya masing-masing di seleksi di tingkat desa,"Jelasnya.


Hal demikianpun kata Jumesah, sejalan dengan upaya yang telah dilakukan beberapa lembaga TPQ dan pondok pesantren yang selalu memberikan bimbingan secara swadaya pada anak didiknya. Dan sesuai juga dengan saran dan masukan dari pemerintah daerah Lombok Timur guna meningkatkan pendidikan keagaman bagi masyarakat. 


Adapun Pelaksanaan STQ tersebut, hanya mampu dijalankan empat item, yakni tilawatil Quran, Tahfiz, Tartil Qur'an maupun Fahmil Qur'an.


"Empat item ini sebenarnya sudah berjalan dan dapat dilihat pada saat perayaan hari besar islam. Semua kewilayahan senantiasa menyelenggarakan acara seperti ini,"Jelasnya


Lanjut dikatakan Jumesah, Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diambil dari tingkat Sekolah Dasar sederat, Sekolah Menengah Pertama sederajat dan tingkat umum. Yang semata-mata untuk mengangkat derajat masyarakat agar menjadi masyarakat yang Qur'ani.


"Alhamdulillah barusan ini digelar pawai taaruf Seleksi Tilawatil Qur'an dan kami sangat bersyukur karena bisa juga diikuti masyatakat secara umum,"Ujarnya.


Ia berharap dari pelaksananya dapat melahirkan bibit-bibit Qur'ani yang nantinya dapat mewakili desa Montongbaan di tingkat yang lebih tinggi. Tentunya pula dapat diterapkan dalam kehidupan nyata terutama sebagai pedoman hidup bermasyatakat yang selaras juga dengan harapan pemerintah daerah Lombok Timur. (np)

 

Tags

Post a Comment