Pemdes Darmasari Salurkan BLT-DD Tahap II Pada Ratusan KK 

Pemdes Darmasari Salurkan BLT-DD Tahap II Pada Ratusan KK 

Kepala Desa Darmasari Muksin didampingi Pendamping Desa, Bhabinsa saat acara penyaluran BLT-DD 



Nusrapost.com -- Pemerintah Desa Darmasari Kecamatan Sikur Lombok Timur menyalurkan Bantuan Langsung Tunai - Dana Desa (BLT-DD) pada ratusan orang kepala keluarga di wilayahnya. Hal demikian dilakukan sebagai upaya dalam menjalankan aturan yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Yang mana dalam aturan itu, realisasi untuk bantuan langsung Tunai di anggarkan sebesar 40 % bersumber dari dana desa.


"Saya ingin bekerja sesuai aturan dan tidak mau melawan aturan. Kalau instruksinya 40% ya kami salurkan 40%,"Kata Kepala Desa Darmasari Muksin saat ditemui diruangannya Senin (18/7).


Ia menerangkan, Dana desa yang dimilkinya mencapai -+ 1,5 Miliayar, penggunaannya 40 % untuk BLT-DD. Sehingga realisasi anggarannya berjumlah -+630 juta ditujukannya bagi masyarakat tergolong usia lanjut,disabilitas,dan Fakir Miskin. Kini dipertengahan tahun 2022 pencairannya telah memasuki triwulan ke II, menacapi 6 bulan. 



"Triwulan II ini, dimulai dari bulan April, Mei, Juni, perbulannya diterima 300 ribu dan untuk 3 bulan ini diterima 900 ribu per orang. Sisanya tinggal 6 bulan kedepan dengan pola yang sama setiap tiga bulan sekali,"jelasnya.



Lanjut di katakan Muksin, sebelum penyaluran terlebih dahulu digelar musyawarah desa yang dihadiri oleh semua unsur yakni mulai dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD), Karang Taruna, perangkat desa dan tokoh masyarakat lainnya. 



Ini dilakukan guna menyiapkan beberapa regulasi, baik, berita acara dan peraturan kepala desa (perkades) yang konsiderannya mengacu kepada peraturan menteri desa. tujuannya, agar dalam penyaluran sendiri tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sembari mensosialisasikannya ke masyarakat, agar bisa di fahami supaya tidak menjadi permasalahan dibawah. Adapun masyarakat yang tergolong usia produktif dan tidak mendapatkan BLT-DD, membuat pihaknya terus berupaya menyentuhnya lewat program lainnya 



"Total masyarakat yang dapat BLT-DD ini sejumlah 175 kepala Keluarga. Dan sekarang sudah 50% anggaran ini di cairkan. Alhamdulillah sampai detik ini aman sebab yang menerima ini adalah masyarakat yang memang membutuhkan,"tutupnya (np).


Tags

Post a Comment