Pemda Lotim Ikuti Sosialisasi Serah Terima Aset Barang Milik Negara

Pemda Lotim Ikuti Sosialisasi Serah Terima Aset Barang Milik Negara





Nusrapost.com -- Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur mengikuti sosialisasi tentang serah terima aset barang milik negara Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual Jumat (8/7).




Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Dalam Negri Republik Indonesia (Kemendagri) Suhajar Diantoro Dalam paparannya pada kegiatan tersebut, meminta pemerintah daerah agar sebagian aset yang sudah dibangun oleh negara untuk segera diserah terimakan kepada daerah dan dimanfaatkan untuk pembangunan guna melahirkan kesejahteraan. 




Dan dalam pelaksanaannya memerlukan strategi perencanaan yang baik serta tepat sasaran, sehingga aset daerah dapat menjadi salah satu sumber penggerak ekonomi dan PAD bagi Pemerintah Daerah.

 


"Tiga prinsip dasar dalam pengelolaan aset daerah, yaitu: adanya perencanaan yang tepat, pelaksanaan atau pemanfaatan secara efisien dan efektif, serta pengawasan,"jelasnya.




Terkait aset yang merupakan hibbah, Suharjo menekankan pemerintah daerah perlu melakukan inventarisasi barang-barang yang dihibbahkan oleh Pemerintah Pusat, selanjutnya penandatangan berita acara serah terima hibah dan kelengkapan dokumen, serta melakukan penetapan status penggunaan barang milik daerah, pencatatan, pengamanan, dan melakukan pemeliharaan barang milik daerah.




Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy mengikuti kegiatan tersebut didampingi sejumlah pimpinan OPD seperti  Bappeda, PUPR, dan Perkim dari Ruang Rapat Bupati.

Tags

Post a Comment