756 Peserta Dari 29 Negara Terkonfirmasi Akan Mengikuti Event Rinjani 100

756 Peserta Dari 29 Negara Terkonfirmasi Akan Mengikuti Event Rinjani 100

Bupati Lombok Timur H.M Sukiman Azmy MM Saat menggelar konferensi pers 



LOMBOK TIMUR Nusrapost.com -- Setelah sempat tertunda selama 3 tahun akibat gempa dan pandemi Covid-19, kini event Rinjani 100 ultra atau lari lintas alam di Gunung Rinjani, Lombok Nusa Tenggara Barat akan di gelar, pada 3-5 Juni 2022 mendatang. Dimana dalam perhelatan yang ke-7 ini, sebanyak 756 peserta dari 29 negara telah terkonfirmasi untuk mengikutinya



“Rinjani 100 ini direncanakan sebelum pandemi, alhamdulillah sekarang pandemi Covid-19 menurun drastis artinya bisa menyelenggarakan kegiatan apapun,”jelas Bupati Lombok Timur H.M Sukiman Azmy MM saat menggelar konferensi pers di Pendopo Bupati Rabu (1/6).




Ia menegaskan bahwa Lombok Timur telah siap menyambut para peserta, terlebih sehari sebelumnya daerah yang di pimpinnya telah mendapat sertifikasi Eliminasi Malaria, pada enam desa yaitu Sembalun, Sambelia, Pringgabaya, Suela, Montong Gading, dan Jerowaru sebagai daerah endemis telah dinyatakan bebas dari Malaria. Dengan begitu peserta tidak perlu lagi mengkhawatirkan tertular malaria saat berlomba nanti.



Selain kesiapan itu, Bupati juga mengungkapkan bahwa, pemda akan memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut dengan memberikan fasilitas seoptimal mungkin, mulai dari fasilitas kesehatan, hiburan, hingga pendukung lainnya. 



Oleh karenanya Ia berharap kegiatan tersebut dapat terselenggara dengan aman, tertib dan sukses. Memastikan kesiapan tim Pemda Bupati rencananya akan meninjau langsung lokasi pada Kamis (2/6) dan melepas peserta kategori 162 Km esoknya. 



“Hari Jumat saya akan melepas pelari kategori 162 dari Belanting. Kategori ini adalah yang paling bergengsi,"ujarnya.




Sembari mengurai titik lokasi yang akan dilewati oleh para peserta, Race Director Rinjani 100 Florenciano Hendricus Mutter juga mengapresiasi dukungan Pemda Lombok Timur yang begitu responsif terhadap event itu. Dan walaupun di ketahui para pelari ultra sejatinya terbiasa dengan fasilitas yang minim.



"Kami Apresiasi Dukungan pemerintah daerah yang pada event ini,"katanya.



Sementara itu, Founder Rinjani 100 Hendra Wijaya menggambarkan bahwa, Dalam event ini, setiap jalur yang akan dilewati para peserta dinilainya sangat sulit. Sebab tidak saja ketahanan fisik, mental pun diuji dengan waktu lari yang ditentukan 50 jam. Dari lima kategori yang tersedia, yaitu 162, 119, 75, 36, dan 27, kategori yang paling banyak peminatnya adalah kategori 36 Km dengan jumlah peserta mencapai 400 peserta.




"Dari aspek pariwisata event ini patut dibanggakan karena pesertanya lebih banyak dan umum,"Tukasnya (np).


Tags

Post a Comment