Rilis DPB Periode September 2021, KPU Lotim Sebut Ada Peningkatan Jumlah Pemilih 3,7 Persen.

Rilis DPB Periode September 2021, KPU Lotim Sebut Ada Peningkatan Jumlah Pemilih 3,7 Persen.


LOMBOK TIMUR NTB Nusrapost.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur merilis hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode Bulan September tahun 2021. Kegitan tersebut berlangsung di Aula KPU setempat Senin (27/9). Hadir dalam kegiatan itu Ketua, Anggota komisioner, Sekretaris dan jajaran KPU.


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur DR. M. Junaidi mengatakan, pemutakhiran data pemilih Berkelanjutan (DPB) dilakukan setiap bulan, oleh semua Komisi Pemililhan Umum diseluruh Indonesia, yang dasar pelaksananaannya adalah ketentuan surat Ketua KPU RI Nomor : 366/PL.02-SD/1/KPU/IV/2021 tanggal 04 Februari 2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021.


Oleh karenanya, proses rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di KPU Lombok Timur telah masuk bulan ke 9 dan di umumkan pertriwulan sekali.

"Pada Bulan September ini telah masuk triwulan ke tiga. Pertama pada bulan Maret, kedua pada Bulan Juni dan Ketiga pada Bulan September ini,"Jelasnya

Dari rekapitulasi tersebut, lanjut Junaidi, menghasilkan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode September Tahun 2021, Sebanyak 939.322 (Sembilan Ratus Tiga Puluh Sembilan Ribu Tiga Ratus Dua Puluh Dua) pemilih, dengan rincian pemilih Laki-Laki berjumlah 452.446 (Empat Ratus Lima Puluh Dua Ribu Empat Ratus Empat Puluh Enam), dan Pemilih Perempuan berjumlah 486.876 (Empat Ratus Delapan Puluh Enam Ribu Delapan Ratus Tujuh Puluh Enam), yang tersebar di 21 (Dua Puluh Satu) Kecamatan yang ada.

"Hasil Ini sesuai dengan Berita acara Nomor 18/PP.07-BA/5203/KPU-Kab/IX/2021 tentang rekapitasi Daftar Pemilih Berkelanjutan tahun 2021 periode September," Ungkapnya.

Ia menyebutkan, pada rekapitulasi kali ini terjadi peningkatan pemilih di Kabupaten Lombok Timur, sekitar 33.228 (Tiga Puluh Tiga Ribu Dua Ratus Dua Puluh Delapan) dengan rincian 14.954 (Empat Belas Ribu Sembilan Ratus Lima Puluh Empat) Pemilih Laki-Laki dan 18.274 (Delapan Belas Ribu Dua Ratus Tujuh Puluh Empat) Pemilih Perempuan. Dan bila di persentasekan kenaikan jumlah pemilih berada pada angka 3,7 %.

Kenaikan jumlah pemilih pada bulan September  2021 didapatnya dari hasil olah data DPT Pilkades 29 Desa yang diberikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Timur pada saat pemilihan kepala Desa serentak beberapa bulan lalu. Tetapi dari DPT 29 Desa itu, pihaknya baru bisa mengolah data dari 6 Desa dengan hasil yang begitu signifikan di banding dengan hasil DPTHP pada pemilu yang lalu. Selain dari Dinas PMD data juga didapatkannya dari RSUD Dr. R. Soedjono Selong, dan RSI Namira.

"Jika dilihat dari sisi Jumlah penduduk dan dibandingkan dengan jumlah pemilih di Kabupaten Lombok Timur maka berdasarkan agregat kependudukan pada smester II pada Desember 2020 lalu mencapai 1.316.188 (Satu Juta Tiga Ratus Enam Belas Ribu Seratus Delapan Puluh Delapan) maka jumlah pemilih berada pada posisi 71,4 %,"Terangnya.

Ia berharap pada semua stakholder yang ada, agar dibulan-bulan berikutnya untuk tetap berkoordinasi dan memberikan informasi mengenai data pemilih yang akan terus di perbaiki terutama sekali data masyarakat yang baru datang, pindah maupun yang telah meninggal dunia untuk terus di laporkan (np).

Tags

Post a Comment