UKW Dibuka Wabup Lotim Dan Ditutup Dewan Pers.

UKW Dibuka Wabup Lotim Dan Ditutup Dewan Pers.

LOMBOK TIMUR Nusrapost - Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesian (PWI) dimulai pada Jum'at (11/12) kemarin dan dibuka Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi SJ SH.  Dalam acara penutupannya langsung oleh Wakli Ketua Dewan Pers, Hendri Chairudin Sabtu (12/12/2020).

UKW yang diselenggarakan dari tanggal 11-12 Desember berlokasi di Green Orry Inn Desa Tete Batu Selatan di ikuti 18 wartawan yang bertugas meliput di Lombok Timur.

"Semuanya dinyatakan berkompeten (lulus, red)," kata Hendri pada sambutaanya saat acara penutupan.

Mewakili Dewan Pers Ia berharap, dengan adanya UKW tersebut wartawan lebih profesional dalam menjalankan tugasnya di lapangan dan tetap patuh pada UU Pers, Kode Etik Jurnalistik, pedoman pemberitaan media siber, dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA). Sebab, saat ini masyarakat semakin kritis terhadap pers. Hal itu, terbukti dengan semakin tingginya pengaduan masyarakat terhadap pemberitaan. 

"Jangan sampai beritanya diadukan. Tapi kami jarang terima pengaduan dari NTB. Yang banyak itu di Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Kepualauan Riau," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan apresiasi kepada PWI Lombok Timur karena pertama kali menyelenggarakan UKW, sehingga kedepan PWI Lombok Timur khususnya, bisa terus menyelenggarakannya setiap tahun agar wartawan semakin berkompeten di bidangnya.

"Insyallah tahun depan kami kembali menyelenggarakan UKW untuk tingkat Madia dan Utama," kata Ketua PWI cabang NTB, H Nasruddin dalam sambutannya.

Dengan terlaksananya UKW ini, Nasruddin menginginkan agar wartawan lebih profesional dalam menebar kebaikan melalui tulisannya, namun tetap mengedepankan prinsip kesantunan dalam berfikir. Sebab, wartawan yang santun dalam menjalankan tugas dan karyanya pasti dihormati. 

"Ketika karya dihormati maka anda akan menjadi berwibawa dengan keilmuan itu. Oleh sebab itu, kesantunan berada di depan keilmuan," ungkapnya.

Hal senada disampikan Ketua PWI Lombok Timur, Ratna Dewai, "Setelah UKW semoga menjadi wartawan berkompeten, melahirkan karya-karya yang membangun namun tetap mematuhi Kode Etik Jurnalistik." 

UKW yang diselenggarakan ke empat di NTB dan pertama di Lombok Timur itu menghadirkan 3 orang penguji. Yakni Hendri Chairudin Bangun, Dwikora Putra, dan Emanuel Dewata Oja. (np)

Tags

Post a Comment