Diduga Terjepit di Goa Susu, Pendaki Rinjani Asal Sukadana Lotim Meninggal

Diduga Terjepit di Goa Susu, Pendaki Rinjani Asal Sukadana Lotim Meninggal

Proses evakuasi 

Lombok Timur Nusrapost.com -- Diduga terjepit di Goa Susu, seorang pendaki lanjut usia asal Reban Tumben Desa Sukadana Kecamatan Terara Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat Meninggal Dunia. 

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Dedy Asriady menyebutkan kabar tersebut diterimanya dari Kepala Resort Torean SPTN Wilayah I TNGR dan Tim Medis EMHC pada Selasa (31/10/2023) pukul 23.18 Wita, bahwa ada pendaki yang meninggal di lokasi Goa Susu jalur wisata pendakian Torean. 

"Identitas korban berinisial L. MH, (59) tahun berasal dari Reban Tumben, Desa Sukadana, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur,"katanya melalui rilis yang diterima media ini Kamis (2/11/2023).

Korban merupakan rombongan pendaki pilgrim (peziarah) yang naik pada Senin 30 Oktober 2023, melalui pintu jalur wisata pendakian Senaru SPTN Wilayah I TNGR, dengan jumlah peserta rombongan sebanyak 11 orang.

Pada Rabu (1/11/2023), pukul 00.28 Wita, tim evakuasi langsung berangkat dengan jumlah personel 7 orang porter dan 1 orang tenaga medis.

Karena sistuasi sudah larut malam, tim memutuskan istirahat di pos Birisan Nangka dan baru melanjutkan proses evakuasi pada pagi hari pukul 06.15 Wita langsung menuju Goa Susu.

Pukul 11.00 Wita, tim tiba di lokasi Goa Susu, dan mencoba untuk melakukan upaya evakuasi terhadap jenazah korban yang terjepit di dalam lubang sempit areal Goa Susu, akan tetapi tim kesulitan untuk dapat mengeluarkan jenazah.

Tindakan lebih lanjutnya, tim menunggu bantuan dari Tim SAR Lotim yang memiliki alat dan teknis untuk mengeluarkan jenazah yang terjepit di Goa Susu, yang pada saat tersebut posisi Tim SAR Lotim masih di Pelawangan Sembalun.

Sekitar pukul 17.05 Wita, Tim SAR Lotim sampai di lokasi Goa Susu, dan langsung melakukan upaya mengeluarkan jenazah yang terjepit di dalam areal Goa Susu.

Atas bantuan para pihak dan kerja sama seluruh tim, jenazah dapat dikeluarkan dan langsung dilakukan proses evakuasi menuju pintu jalur wisata pendakian Torean.

Sekitar pukul 22.35 Wita, tim tiba di Pos Birisan Nangka. Pada Kamis pagi (2/11/2023) tim evakuasi melaporkan bahwa korban sudah tiba di Puskesmas Senaru untuk dilakukan pemeriksaan dan selanjutnya dilaksanakan serah terima jenazah dari pihak TNGR kepada pihak keluarga. (Yk)

cek berita dan artikel lainnya di google news 

Tags

Post a Comment