16 Anak Yatim Desa Lepak Dapat Santunan Dana Pendidikan Dari Lazismu Lotim

16 Anak Yatim Desa Lepak Dapat Santunan Dana Pendidikan Dari Lazismu Lotim

Photo bersama pengurus Lazismu Lombok Timur dengan Anak Yatim yang disantuninya

Lombok Timur Nusrapost.com -- Sebanyak 16 orang anak yatim di wilayah Desa Lepak Kecamatan Sakra Timur, dapat santunan dana pendidikan filantropi dari Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Lombok Timur. 

Bantuan yang diserahkan tersebut atas kerja sama antara Lazismu dengan Pengurus Cabang (PC) Muhammadiyah Lepak dan Ta'mir Masjid Al-Manar desa setempat.

Ketua Lazismu Lombok Timur Abdul Gafur Ramdhoni mengatakan, anggaran bantuan dana pendidikan Filantropi yang diberikannya itu bersumber dari kotak infak yang berbeda dimasjid Al-Manan Lepak dan dari beberapa tempat muzaki yang di taruhkan kaleng-kaleng Lazismu. 

"Bantuan dana pendidikan Filantropi Lazismu Lotim ini sasar 16 anak yatim yang ada di Desa Lepak. Bantuan Lazismu ini, di hajatkan dari zakat infak mu (zismu) dari mu untuk mu sehingga dari Jamaah untuk Jamaah, " Ucapanya Jumat (3/11/2023)

Kegiatan ini,kata pria yang akrab di sapa Inod itu merupakan salah satu program yang dilaksanakannya bagi 16 anak yatim diantaranya 4 sudah Sekolah Memegah Pertama (SMP) dan 12 Masih Sekolah Dasar (SD). Sehingga untuk awal ini, Desa Lepak dijadikannya Pilot Project lantaran kegiatan serupa juga nanti akan dilanjutkan pihaknya dengan cara roadshow kebeberapa Cabang Muhammadiyah yang ada di Bumi Patuh Karya. 

"Jadi tidak hanya disini saja kita lakukan program ini kita akan lakukan juga ditempat lain dan tidak berhenti sampai disini. Program Ini untuk memancing Lazismu Pusat supaya kami disini bisa di berikan suport, " Pungkasnya

Kedepan, tidak hanya warga Muhammadiyah yang nantinya menjadi sasaran dalam program santunan ini tetapi semua asalkan memenuhi syarat.

"Bantuan ini tidak hanya untuk anak yatim saja tapi semua yang membutuhkan, tapi saat ini kami fokuskan pada Pendidikan anak yatim yang kurang mampu," Katanya

Selain bantuan pendidikan pihaknya juga akan tetap berupaya memberikan bantuan lainnya seperti sembako pada para Mustahiq.

Oleh karena itu Ia berharap kedepa pihaknya bisa bersinergi dengan lembaga-lembaga lainnya seperti Baznas tujuannya agar bisa saling suport dengan program-program yang bisa dikerjasamakan. 

"Kegiatan ini kan membantu pemerintah juga, karena tidak semua bisa di cover sama Pemerintah. Dan disitulah peran kami sebagai satu lembaga sosial Muhammadiyah dan organisasi masyarakat yang bergerak dibidang sosial, Pendidikan agar ikut andil dalam membantu masyarakat,"ujarnya.

Menanggapi itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lepak Rasyid Ridho sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, bahkan ia menceritakan Muhammadiyah selama ini, mengawali persarikatanya dengan kegiatan Filantropi seperti itu. 

Seperti KH. Muhammad Dahlan memulai pergerakan Muhammadiyah kepada murid-muridnya untuk mengimplementasikan surat Al Maun secara langsung dan mengumpulkan orang-orang yang miskin untuk disantuni. 

"Gerakan ini kan kita aplikasikan ke cabang-cabang. Kita harapkan Lazismu terus lakukan kegiatan yang Positif ini, jangan dia memulai terus mengakhiri,"ujarnya 

Ia juga katakan, kalau kegiatan tersebut terus berlanjut dirinya akan mensuport baik dari segi tambahan dana, doa maupun lainnya. (*)

cek berita dan artikel lainnya di google news 

Tags

Post a Comment