Ratusan Warga TBS Shalat Minta Hujan

Ratusan Warga TBS Shalat Minta Hujan

Lombok Timur Nusrapost.com -- Kondisi musim kemarau berkepanjangan, telah mengakibatkan pasokan air dari sumber mata Air mulai berkurang. Bahkan dibeberapa wilayah pun terutama dalam sektor pertanian masyarakat berpotensi gagal panen.

Oleh karena kondisi tersebut ratusan warga di wilayah Desa Tetebatu Selatan Kecamatan Sikur Lombok Timur, melakukan shalat istisqa' (shalat minta Hujan). Kegiatan itu berlangsung di halaman SMPN 3 Sikur yang berbeda di desa Tetebatu Selatan Rabu (25/10/2023).

Kepala Desa Tetebatu Selatan Kecamatan Sikur Lombok Timur H Zohri Rahman SH mengatakan, shalat minta hujan ini dilakukannya karena melihat situasi dan kondisi cuaca yang hingga kini masih belum bersahabat dan hujan belum turun yang menyebabkan kemarau dan kekeringanpun melanda daerah kita semua. Kegiatan ini, dapat terlaksana setelah dua Minggu yang lalu, ia mendengar himbauan untuk melakukan shalat Istisqa' dari kegubernuran dan kabupaten. 

"Alhamdulillah kami bersama tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada di desa Tetebatu Selatan berkumpul bermusyawarah kemudian melakukan kegiatan ini dan berkolaborasi melaksanakan bersama lembaga-lembaga pendidikan agama baik SMP, MTs, MA, dan Masyarakat sekitar,"ungkapnya saat dikonfirmasi usai melakukan shalat istisqa' tersebut.

Dikatakan Zohri, shalat minta Hujan ini adalah salah satu sunnah Muakkad, yang dianjurkan kepada kita (Ummat Muslim) untuk meminta hujan kepada yang maha kuasa. Oleh karena hal itulah, kalau kita mencermati bahasa Khotbah yang disampaikan tadi sangat menyentuh hati. 

Sebab kekeringan dan kemarau ini, bukan hanya terjadi di desa ini, tetapi seluruh wilayah Lombok Timur bahkan NTB. Semoga dengan tindakan ini, kita semua lekas diberikan hujan mengingatkan kondisi saat ini saja, lanjut Zohri tanpa disirami hujan, rumput-rumput dan ternak-ternak begitu kekurangan makanan dan dampaknya sudah sangat dirasakan masyarakat. 

Walaupun memang kami di Tetebatu Selatan, masih berada pada kondisi yang baik-baik saja tetapi bila ini berlanjut maka, pasti ada saja tempat kekurangan air itu terjadi.

"Dari sumber mata air telah banyak debit air yang berkurang. Alhamdulillah untuk sementara kami disini masih tercukupi,"ujarnya.

Adapun untuk diketahui kondisi mata air di wilayah Tetebatu Selatan masih stabil namun debit airnya sudah mulai berkurang yang nantinya akan berefek pada warga sekitar bahkan luar wilayah Tetebatu Selatan.(Yk)

Cek berita dan artikel lainnya di google news 

Tags

Post a Comment