PKM Belanting Optimis Raih Hasil Paripurna Dalam Akreditasi

PKM Belanting Optimis Raih Hasil Paripurna Dalam Akreditasi

 Baiq Rohayani Kepala Puskesmas Belanting 

Lombok Timur Nusrapost.com – Beberapa hari mendatang, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Belanting Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur akan melakukan proses akreditasi. Hal demikian guna memberikan penilaian tentang seberapa jauh hasil kegiatan program yang telah dilaksanakan terutama dalam meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat masyarakat di Puskesmas tersebut.

Menilik hasil pelayanan yang selama ini telah dijalankan, Puskesmas yang berada di ujung timur utara Lombok Timur itu, merasa optimis untuk dapat meraih hasil paripurna dalam akreditasi itu nantinya.

“Akreditasi ini akan dilakukan bulan depan selama tiga hari. Hari pertama secara Daring, kemudian hari kedua dan ketiga secara telusur. Artinya tim tersebut akan turun langsung kelapangan untuk memastikan kebenaran semua dokumen yang sebelumnya telah kami sampaikan,” Kata Kepala puskesmas Belanting  Baiq Rohayani saat ditemui Rabu (25/10/2023).

Dalam Akreditasi ini jelas Rohayani, tim yang akan turun akan melihat langsung proses pelayanan  di UKP, Rawat Inap, Rawat jalan dan mengambil tanggapan dari lintas sektoral, baik dari Camat, Kepala Desa, kepala wilayah, masyarakat dan unsur terkait lainnya. Selain hal itu ada beberapa bab yang menjadi fokus penilaian yaitu, Pertama manajemen pengelolaan Puskesmas,Kedua UKM (Program Puskesmas yang kemasyarakat), ketiga UKP (pelayanan yang ada didalam gedung), Keempat Program prioritas Nasional yang didalamnya terdiri dari Imunisasi, TB, KIA, stunting dan PPM.

“Ini yang akan dinilai. Kami optimis terhadap hasilnya dan target kami tetap yang terbaik, tapi kalau yang sementara ini kami maunya paripurna. Dalam artian itu yang paling bagus kalau dilihat dari klasifikasinya yakni mulai dari ada dasar, ada Madya, ada utama dan ada Paripurna,”tukasnya.

Rencana akreditasi tersebut telah di sesuai dengani jadwalnya, di mulai tanggal 11, 15 dan 16 November 2023 mendatang. Oleh karenanya sebelum tim itu turun, Kepala Puskesmas yang sudah lama mengabdikan diri di tempat tersebut berharap agar semua prosesnya berjalan lancar tanpa ada kendala teknis yang terjadi dilapangan dan memberikan hasil yang terbaik.

“Tanggal 11 itu penulainnya melalui Daring, sedangkan tanggal 15, 16 langsung turun lapangan,”Tutupnya (Yk)

cek berita dan artikel lainnya di google news 

Tags

Post a Comment