Dua Desa Di Lotim Dapat Program Mahyani Kerjasama Baznas NTB dan Baznas Lombok Timur.

Dua Desa Di Lotim Dapat Program Mahyani Kerjasama Baznas NTB dan Baznas Lombok Timur.


Lombok Timur Nusrapost.com -- Baznas Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Baznas Kabupaten Lotim akan memberikan bantuan melalui program yang diberi nama Mahyani (Rumah Layak Huni) kepada 32 penerima yang dinilai layak berdasarkan hasil pendataan data kemiskinan oleh Bappeda Provinsi NTB.

Ada pun Penerima manfaat berdasarkan data berasal dari dua Desa yakni Desa Pringgajurang Utara Kecamatan Montong Gading dan Desa Perigi Kecamatan Suela. Dengan ukuran rumah masing-masing 5 meter x 6 meter.

Hal itu dibenarkan Ketua Baznas Lotim melalui Wakil Ketua III M. Nazri kepada Media ini Selasa, 24 Oktober 2023.

"Ini adalah program Baznas Provinsi Mahyani dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Baznas Kabupaten/Kota se- NTB. Untuk tahun ini kita dapat jatah 32 rumah layak huni, diberikan kepada dua Desa,"ungkapnya

Ia menambahkan, setelah menerima data penerima Mahyani, Baznas Lotim kemudian membentuk Tim Validasi yang tugasnya memverifikasi ulang data tersebut. Setelah di lakukan verifikasi, Tim akan menyerahkan hasilnya kepada pemilik program yang dalam hal ini Baznas Provinsi NTB untuk kemudian di tindak lanjuti.

"Kami belum lama ini sudah melakukan Verifikasi bersama Tim namun keputusan akhir tetap di Baznas Provinsi", tambahnya.

Masih kata M.Nazri, jika dari hasil verifikasi by name dan by address ke 32 rumah yang dinyatakan kayak mendapatkan MAHAYANI itu ada yang dinilai tidak layak mendapatkan bantuan, maka pihak Baznas siap untuk mencari penggantinya.

Adapun kategori penerima bantuan adalah mereka yang tidak memiliki tempat tinggal tetap atau memiliki rumah namun sangat tidak layak huni. Para penerima MAHYANI yang sudah di SK kan oleh Provinsi kemudian mendapatkan bantuan pembangunan rumah sebanyak 25 Juta rupiah per Kepala Keluarga. Dalam bentuk rumah jadi dan bukan dalam bentuk uang.

"Tapi yang perlu kami tegaskan disini bahwa uang itu dalam bentuk rumah, bukan di uangkan. Mereka dibangunkan rumah senilai 25 Juta dibawah pengawasan Desa terkait dan Baznas Kabupaten/Kota", terangnya.

Sementara untuk waktu pengerjaannya sambung M.Nazri, pihak Baznas Lotim mengatakan tidak lama lagi. Mengingat, setela dilakukan verifikasi, Baznas Lotim akan langsung membuat SK penetapan penerima manfaat.

"Lalu Baznas Provinsi akan membuat SK perintah Pembayaran sebagai dasar dikeluarkannya Uang, insyaALLOH awal bulan depan sudah mulai karena harus jadi tahun ini", imbuhnya.

Lebih jauh disampaikannya, untuk pengerjaannya, pihak Baznas jauh jauh hari sebelumnya sudah berkoordinasi dengan Pihak Desa agar memberdayakan tenaga dari masyarakat setempat. Sama halnya dengan material yang juga akan didatangkan dari Desa setempat.

"Misalnya disitu ada yang membuat Batako, maka belinya disitu, begitu pula dengan semen pasir dan kebutuhan lainnya, karena itu memang sudah menjadi kesepakatan kita", tandasnya.

Terakhir Baznas berharap, kedepan Bappeda Provinsi NTB yang selama ini menentukan penerima bantuan bisa sllebih selektif. Artinya tambah M.Nazri, penerima bantuan bukan hanya diprioritaskan kepada Desa Desa pelosok. Akan tetapi juga berdasarkan data kemiskinan di Kota.

"Di desa kita melihat benar rumahnya bedek tapi mereka kami lihat enjoy enjoy saja, beda dengan di kota dengan areal lahan yang sempit. Sementara model bangunannya seperti itu dan isinya banyak. Terkadang Mertua dan menantu tinggal dalam satu atap, kumpul jadi satu. Semoga itu juga menjadi perhatian dan prioritas di tahun tahun berikutnya ", pungkasnya.(*)

cek berita dan artikel lainnya di google news 

Tags

Post a Comment