Akhir Oktober Rata-rata Progres Pembangunan DAK Fisik SMP Lombok Timur 2023 Capai 85%

Akhir Oktober Rata-rata Progres Pembangunan DAK Fisik SMP Lombok Timur 2023 Capai 85%

Edi Nurharianto SP Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) DAK SMP Lombok Timur tahun 2023

Lombok Timur Nusrapost.com -- progres pengerjaan pembangunan DAK Fisik untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Lombok Timur tahun anggaran 2023 rata-rata telah mencapai 85 persen. Hal tersebut lantaran beberapa titik lokasi sudah dilakukan serah terima.

"Jadi untuk yang belum di serah terimakan batas kontraknya sampai tanggal 19 November 2023. Jadi posisi pada tanggal 31 Oktober 2023 ini, kita kasi kesempatan menyelesaikannya sampai tanggal 19 November 2023,"ujar Edi Nurharianto SP Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) DAK SMP Lombok Timur saat di konfirmasi Selasa (31/10/2023).

Ia menyebutkan jika sampai tanggal 19 November 2023 masih ada yang belum menyelesaikan finishing dalam pengerjaan tersebut maka pihaknya akan memberikan adendum terhadap rekanan dimaksud.

"Artinya kalau saya melihat pengerjaan fisik-fisik yang masih berjalan ini, insyaallah di tanggal-tanggal 10 bulan November ini akan clear semuanya,"ungkapnya.

Keyakinan itu dilihat Edy dari data dokumentasi yang diserahkan para rekanan telah menunjukkan posisi pengerjaan DAK tersebut capai tahapan proses finishing.

Selain itu ada juga yang pengerjaannya sudah 100% tetapi belum melengkapi berkas yang ditentukan maka pengerjaan itu belum bisa dilakukan serah terima.

"Jadi jangan sampai berkas yang kami minta tidak ditanggapi. Persyaratan serah terima itu sudah kami siapkan seperti gambar pelaksanaan dilapangan, backup data untuk peritungan. Itu yang dituangkan ke progres termasuk juga dokumentasi dari 0%-100%, dan terakhir juga dituangkan dibuku direksi,"ungkapnya.

Ketika pengawasan menegur secara lisan tentu akan diperkuat secara tulisan dibuku direksi tersebut. Ini disiapkan dimasing-masing lokasi pembangunan DAK fisik yang tujuannya juga bila ada komplain/teguran dari pihak lain misalkan LSM dan masyarakat bisa sebagai acuan.

"Dan itu juga syarat kami melakukan serah terima dilapangan,"tegasnya.

Adapun untuk jumlah total anggaran dalam pembangunan DAK fisik ini lanjut pria yang akrab disapa Pak Edy itu, yakni sebesar 34 miliyar lebih untuk 81 paket yang dikonsolidasikan menjadi 33 paket.

"Nah dari semua ini, sudah sekitar 10 paket yang telah serah terima,"tutupnya (yk)

cek berita dan artikel lainnya di google news 

Tags

Post a Comment