Peduli Lingkungan Mahsiswa KKN Unram Tanam Ribuan Pohon Di Wilayah Desa Pringgajurang Utara

Peduli Lingkungan Mahsiswa KKN Unram Tanam Ribuan Pohon Di Wilayah Desa Pringgajurang Utara


Lombok Timur Nusarapost.com – Sebagai salah satu upaya dalam menjaga keasrian alam dan menjaga lingkungan, Mahasiswa Kuliyah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (UNRAM), melakukan penanaman ribuan pohon, yang dimulainya dari Dusun Pengengat - Dusun Otak Kokok Desa Pringgajurang Utara Kecamatan Montong Gading Lombok Timur. Selain menanam Pohon, para mahasiswa tersebut juga terus memberikan edukasi pada masyarakat akan pentingnya pohon dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini Kami lakukan selama 3 (tiga hari) mulai dari Hari kamis sampai hari Sabtu,” Sebut koordinator KKN Tematik Unram di Desa Pringgajurang Utara Ivan Minggu (05/02/2023).

Ia mengatakan, Desa Pringgajurang Utara ini, merupakan salah satu desa yang cukup dikenal akan keasriannya sehingga juga dikenal sebagai salah satu desa tujuan wisata Alam. oleh karena kondisi itu, ia bersama rekan-rekannya kemudian berinisiasi dan berdiskusi dengan tokoh lintas sektoral. 

“kegiatan ini merupakan hasil dari diskusi panjang dengan pemuda, penggerak wisata serta kepala wilayah yang prihatin karena minimnya kesadaran masyarakat untuk menjaga pohon yang ada di pinggir jalan” Tutur Ivan.

Tujuan utama dari kegiatan ini bukan hanya untuk mengajak masayarakat setempat mau ikut serta menanam tetapi juga untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat alam termasuk pohon-pohon yang sudah ditanam.

Masyarakat setempat mendukung penuh kegiatan ini yang terlihat dengan partisifasi aktif yang diberikan oleh Pemuda, Kepala Wilayah dan masyarakat bahkan siswa/siswi SD dan MI yang ada juga turut membantu suksesnya kegiatan ini, tentu saja ini merupakan angin segar yang didapatkan dari jerih payah yang telah diusahakan oleh kelompok KKN karena sebelumnya mereka terlebih dahulu menyiapkan bibit dengan cara mengajukan permohonannya ke BPDAS Lombok Timur yang berlokasi di Kecamatan Pringgabaya.

“Setelah kegiatan penenaman selesai, kami selanjutnya memberikan edukasi agar masyarakat memiliki kesepemahaman akan pentingnya menjaga dan merawat pohon-pohon yang telah ditanam untuk menjaga kehidupan,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Pringgajurang Utara mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik Unram, oleh karenanya ia berharap kegiatannya bisa menjadi stimulus awal bagi warga Desa untuk lebih peduli lagi terhadap pentingnya kegiatan penanaman.

“Bila perlu kegiatan ini kita jadikan salah satu program yang harus mendapatkan atensi khusus dari pemerintah,”ungkapnya (Cr-Am).

 

Tags

Post a Comment