Dikes Lombok Timur Himbau Masyarakat Agar Tidak Konsumsi Nitrogen Cair Berlebihan

Dikes Lombok Timur Himbau Masyarakat Agar Tidak Konsumsi Nitrogen Cair Berlebihan

Dr. Faturrahman Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur


Lombok Timur Nusrapost.com --- Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mengonsumsi makanan yang tercampur dengan Nitrogen cair yang berlebihan, dikarenakan hal itu bisa mengakibatkan perut menjadi mual, muntah bahkan mengganggu pencernaan.

"Lebih baik jangan di konsumsi dikarenakan bisa mengakibatkan perut menjadi mual, muntah bahkan mengganggu pencernaan," Ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur Dr. Faturrahman Senin (16/1/2023).

Ia menyebutkan, Dalam hal nitrogen cair, sebenarnya hanya sedikit yang boleh di pergunakan, itupun harus sesuai dengan takaran yang di persyaratkan Badan POM namun lebih bagus untuk tidak mengonsumsinya, terlebih pada makanan yang ada kandungan nitrogen cairnya.

"Jadi mencegah itu lebih baik dari pada mengobati, " Katanya

Di lombok Timur ini lanjutnya, ia belum menemukan hal tersebut, namun ia perlu mewaspadai,  dikarenakan di tempat lain sudah ada marak nitrogen cair oleh sebab itu,pihaknya akan terus memberikan himbau kepada orang tua atau siapapun agar selalu berhati-hati dalam mengosumsinya.

“Walaupun tidak langsung berbahaya lebih bagus kita cegah, " Jelasnya

Sementara itu, Sub Koordinatir Kefarmasian makanan dan minuman Nurmala Candra mengatakan, ia memceritakan awal mula kasus ini mencuat dari kasus anak 6 tahun di Bandung yang keracunan zat nitrogen cair dari jajanan ciki ngebul. Dimana gejala yang timbul dari kasus keracunan nitrogen cair itu mulai dari mual - mual, muntah, terasa nyeri, dan perut membesar.

"Cairan nitrogen ini jernih, tidak berwarna dan tidak berbau sehingga tidak mengubah rasa jika digunakan untuk makanan,"ungkapnya

Dengan Sensasi tersebut katanya, yang dapat membuat Ciki ngebul banyak menarik perhatian sekaligus digemari masyarakat utamanya anak-anak. Apalagi, harga jajanan Ciki ngebul sangat terjangkau.

"Apa bila Nitrogen Cair (NO2) ini dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan keracunan, sementara pedagang ini kebanyakan orang awan yang tidak mengerti dan tidak memperhatikan kadar penggunaan NO2 ini," teturnya

Lanjutnya, kemarin pihaknya sudah mendapatkan informasi dari Porovinsi,  kalau ada kasus keracunan dari nitrogen cair tersebut, itu harus di hentikan untuk mengosumsinya dan berikan minuman yang cukup.

"Kalau  ada yang keracunan dengan nitrogen cair ini, jagan paksa anak untuk memuntahkanya karena bisa lebih parah keracunannya, tetapi segera langsung bawa Kepuskesmas, " Terangnya

Nitrogen cair ini bebernya, biasanya dipergunakan untuk proses  pembekuan (kriogenik) yaitu pembekuan cepat karena titik pembekuanya sangat rendah mines 210 derajat celsius dan titik didihnya mines 195,8 drajat celsius.

"Jadi pungsi utamanya membekukan atau pendingin pada mamakan dan minuman agar mengurangi pembusukan dan dapat mempertahankan kualitas dan rasa yang optimal, " Jelasnya

Ia juga terangkan fungsi dari nitrogen cair ini sebenarnya yaitu untuk pengawet pada pangan seperti daging, susu, buah dan sayur, konumen saus serta makanan.

"Sebenarnya nitrogen cair ini untuk pedingin makanan bukan untuk di makan, makanya sebenarnya tidak di anjurkan untuk di taruh di jajanan, " Tutupnya (Cr-Am).

Tags

Post a Comment