KPSHK Dorong Pemda Lotim Integrasikan Perencanaan Tata Ruang dan Tata Guna Lahan Desa Inklusif

KPSHK Dorong Pemda Lotim Integrasikan Perencanaan Tata Ruang dan Tata Guna Lahan Desa Inklusif


Lombok Timur Nusrapost.com -- Dalam upaya mengoptimalkan tata ruang di wilayah perdesaan, Konsorsium Pendukung Sistem Hutan Kerakyatan (KPSHK) Kabupaten Lombok Timur, melakukan pertemuan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat, pertemuan itu guna mendorong dinas terkait agar segera mengintegrasikan perencanaan tata ruang dan tata guna lahan desa yang inklusif ke dalam dokumen rencana dan anggaran pembangunan daerah.

Ketua koordinator Konsorsium Pendukung Sistem Hutan Kerakyatan (KPSHK) Kabupaten Lombok Timur, Subhan dalam keterangannya mengatakan, kegiatan yang dilakukannya, pada dasarnya untuk mendorong pemerintah daerah menerbitkan surat edaran terkait perencanaan tata ruang yang berbasis ekonomi hijau di desa. Sehingga nantinya surat edaran tersebut bisa disosialisasikan kepada semua desa dan kecamatan di Lombok Timur dan menjadi atensi bersama.

"Perencanaan pada tahun 2021 yang lalu telah membantu pemerintah desa untuk menyusun Perdes tentang tata ruang, dan tata guna lahan yang inklusif di enam desa,"Ungkapnya Kamis (15/12/2022).

Ia menerangkan, terdapat beberapa poin yang nantinya ada dalam surat edaran tersebut, salah satunya memperdalam muatan perdes sesuai dengan masukan masyarakat berdasarkan program ekonomi hijau melalui surat edaran yang nantinya, sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk mengintegrasikan perencanaan tata ruang dan tata guna lahan yang inklusif.

“Kami, Konsorsium Pendukung Sistem Hutan Kerakyatan Lombok Timur mendorong perencanaan tata ruang berbasis ekonomi hijau di terapkan di semua Desa di Lombok Timur,”Tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur, Safwan mendukung penuh masukan  program yang dilontarkan Konsorsium Pendukung Sistem Hutan Kerakyatan tersebut. Yang mana dengan menerbitkan surat edaran itu, untuk disosialisasikan ke pemerintah desa.

“Program ini dinilai penting untuk mendukung perencanaan tata ruang yang lebih baik di Lombok Timur,”Ungkap Safwan (Cr-Am)

Tags

Post a Comment