Tiga Aspek Penting Yang Dapat Menentukan Keberhasilan Pendidikan.

Tiga Aspek Penting Yang Dapat Menentukan Keberhasilan Pendidikan.

H.M Sukiman Azmy MM Bupati Lombok Timur

Lombok Timur Nusrapost.com -- Menghadiri acara peresmian TK Negeri Pembina Suralaga, Sabtu (24/9). Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy, menyampaikan tiga aspek penting yang dapat menentukan keberhasilan pendidikan.

Pertama, disebut Bupati adalah sarana dan pra sarana yang memadai. Bupati mengaku malu melihat keadaan TK Negeri yang seharusnya mendapat lebih banyak perhatian dari pemerintah. “Kita merehabilitasi gedung-gedung TK yang ada di kota, sementara kita jarang memperhatikan TK yang ada di desa-desa,” ungkapnya.

Ia pun mengingatkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  (Dikbud) Lombok Timur agar lebih memperhatikan, serta membantu pengelolaan sekolah tersebut.

Kedua, Bupati mengingatkan agar manajemen sekolah lebih efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan kinerja sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan yang baik. Ia meminta pihak sekolah, komite, dan guru bekerja sama dengan baik. “Jika guru bagus, kepala sekolah dan komitenya mendukung, insyaallah semuanya dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya. Ia juga menyebut sebuah sekolah akan diminati jika sekolah, guru, dan sarana mendukung.

Bupati menyebut  yang ketiga adalah kualitas anak didiknya. “Mari kita berikan gizi yang baik kepada anak-anak kita,” ujarnya. Ia mengingatkan para orang tua agar memberikan yang terbaik kepada anak-anaknya. “Insha Allah kita akan perbaiki sekolah, tetapi para guru serta orang tua harus kompak menjadikan anak-anak kita ini menjadi cerdas, baik budi pekerti dengan demikian  tujuan pendidikan bisa tercapai,” harapnya.

Terakhir Bupati berpesan agar guru ada interaksi dalam proses belajar mengajar. Guru diharapkan dapat memberikan ruang bagi siswa untuk berbicara. Ia menyebut trik tersebut merupakan cara belajar siswa aktif, “menumbuhkan anak-anak yang berani bicara dan diskusi itu disebut belajar merdeka,” pungkasnya.

Pada kegiatan yang bertempat di Banjar Manis, Suralaga itu, Bupati memberikan dana sejumlah Rp. 15 juta untuk melengkapi sarana pendidikan di sekolah tersebut. 

Sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemda kabupaten Lombok Timur tampak hadir di antara  guru TK Negeri Pembina dan tokoh masyarakat setempat.

Tags

Post a Comment