Pembangunan Pabrik Porang Di Pringgabaya Disinyalir Tumbuhkan IKM Baru

Pembangunan Pabrik Porang Di Pringgabaya Disinyalir Tumbuhkan IKM Baru

Sekretaris Dinas Perindustrian H.Lalu Alwan Wijaya 


Nusrapost.com -- Potensi pengelolaan porang di Lombok Timur disinyalir cukup besar, sehingga di tahun 2022. Dinas Perindustrian setempat tengah fokuskan dalam pengembangan tanaman porang. Hal demikian sebagai langkah untuk meningkatkan dan memajukan industri kecil dan menengah (IKM).



Sekretaris Dinas Perindustrian H.Lalu Alwan Wijaya saat di konfirmasi Selasa (26/07) mengatakan, dalam upaya mendukung IKM meningkatkan nilai industrinya, di tahun 2022 pihaknya membangun pabrik Porang di wilayah Kecamatan Pringgabaya. Dimana sumber anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK).



"Begitu pembangunan pabrik ini selesai, baru nanti kita akan berikan pelatihan-pelatihan kepada para IKM terkait pengolahan porang," katanya. 



Dalam produk olahan porang kedepan lanjut Alwan, tidak berbentuk tepung langsung, akan tetapi hanya berbentuk cip,(bahan kering), yang kemudian akan diolah lagi menjadi sebuah produk dan dengan adanya olahan porang tersebut akan melahirkan para IKM baru.



"Saat ini kita sudah membentuk IKM porang, tentunya pringgabaya nantinya akan menjadi centralnya, karena kebetulan pabrik pengelolaannya dibuat disana," jelasnya 



Adapun jika nantinya ditempat lain banyak masyarakat yang mengolah porang, maka tidak menutup kemungkinan di tempat tersebut bisa ditetapkan sebagai sentra. Karena menurutnya, sentra itu bisa lebih dari satu asalkan disana ada bahan bakunya.



Untuk peluang pemasaran produk porang dinilainya, luar biasa, sebab peluang ekspor, walaupun nantinya pabrik yang akan dibangun hanya sampai ketahap pengeringan, akan tetapi tahap ini sudah bisa untuk dipasarkan.



"Karena porang kalau tidak segera kita olah akan menjadi busuk, tapi ketika sudah jadi cip maka akan lebih tahan lama, mudah-mudahan proyek pembangunan pabrik porang ini selesai pada akhir tahun 2022 ini," harapnya



Kedepannya sambung Alwan, dengan adanya pabrik pengelolaan porang ini dapat memacu hadirnya para IKM porang yang ada di seluruh kabupaten Lombok Timur. Sehingga dapat memajukan perekomian masyarakat.


"Doakan saja pabrik porang yang dibangun tuntas agar segera kita bisa operasikan," pungkasnya (*).

Tags

Post a Comment