Lapas Selong Kanwil Kemenkumham NTB Doa Kumham Untuk Negeri

Lapas Selong Kanwil Kemenkumham NTB Doa Kumham Untuk Negeri


LOMBOK TIMUR NTB Nusrapost.com -- Bertepatan dengan rangkaian kegiatan Hari Kesaktian Pancasila, sekitar pukul 10.00 wita Jajaran Petugas Lapas Kelas IIB Selong Kanwil Kemenkumham NTB beserta para warga binaan pemasyarakatan Lapas mengikuti secara virtual acara doa bersama bertajuk 'Doa Kumham untuk Negeri' yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dalam rangka mengawali peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021, Jumat (01/10/2021).

Seperti yang kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 telah merenggut berbagai hal dalam kehidupan kita semua, penanganannya pun tidaklah cukup bila hanya mengandalkan ikhtiar semata, perlu dilakukan munajat dan permohonan perlindungan kepada Tuhan YME, agar kita semua tetap diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menghadapi situasi pandemi ini. Pada kegiatan yang bertajuk Doa Kumham untuk Negeri ini, Kemenkumham RI melibatkan 5 perwakilan dari agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha.

” Doa bersama ini dilakukan, untuk mendoakan masyarakat Indonesia, dan jajaran Kemenkumham agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Purniawal Kepala Lapas Kelas IIB Selong Kanwil Kemenkumham NTB.

Menurutnya, Doa bersama untuk Negeri ini merupakan ikhtiar batin, guna menyempurnakan upaya lahir yang sudah dilakukan oleh pemerintah dan berbagai pihak dalam menangani pandemi.

Selain itu, rangkaian kegiatan HDKD 2021, menurut Purniawal, Menteri Hukum dan Ham Yasonna H. Laoly menyampaikan lima hal yang perlu dilakukan Insan Pengayoman, yaitu, Pertama, senantiasa melakukan pembenahan secara komprehensif, Kedua, melakukan pembenahan dalam hal kebijakan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, pengawasan melekat, serta monitoring dan evaluasi, dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketiga, akurat dan tepat dalam membuat keputusan. Keempat, melayani masyarakat secara baik dan ramah, sesuai ketentuan yang berlaku,dan Kelima libatkan diri secara aktif, mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi, mengedukasi masyarakat untuk selalu disiplin melaksanakan prokes, mendukung program vaksinasi, serta aktif berkoordinasi dengan pemangku kepentingan.

Adapun tema peringatan HDKD tahun ini adalah SEMAKIN PASTI, yang menjadi landasan dalam melaksanakan tugas sebagai bentuk pengabdian dan ungkapan syukur, serta menjadi suatu renungan yang dapat menumbuhkan semangat baru dan profesionalisme. (*)

Tags

Post a Comment