Bupati Lotim Minta Diskapang Sosialisasikan Sorgum Sebagai Pengganti Nasi

Bupati Lotim Minta Diskapang Sosialisasikan Sorgum Sebagai Pengganti Nasi

Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy 


LOMBOK TIMUR NTB Nusrapost.com --  Indonesia memiliki potensi mengembangkan tanaman Sorgum (Shorgum bicolor), dimana tanamanan ini, kaya akan protein, kalsium, zat besi, Fosfor dan serat. Oleh karenanya, Sorgum bisa menjadi alternatif pengganti beras terutama untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat maupun pakan ternak.


Pada acara sosialisasi budidaya tanaman Sorgum yang di hadiri sejumlah pimpinan OPD terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, Dinas  Peternakan, Dinas Lingkungan Hidup, Camat, Kades, dan masyarakat setempat. Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy meminta pada Dinas Ketahanan Pangan untuk terus mensosialisasikan sorgum sebagai pengganti nasi.


"Dua tahun mendatang, pembangunan akan difokuskan di bidang pertanian, dengan salah satu produk unggulan adalah sorgum,"Katanya saat menghadiri acara tersebut, Kamis (14/10) di Ponpes TGH. Fadil Tohir Bodak, Dasan Geres-Borok Lelet, Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik.

Tidak hanya Dinas Ketahanan Pangan, OPD lainnya juga diharapkan bisa bersinergi menyukseskan budidaya tanaman tersebut.
Mengingat tahun 2022 mendatang, pemerintah akan memfasilitasi dinas pertanian agar terus bersinergi dan melakukan apa yang bisa sesuai dengan kemampuannya.


Sehingga dari salah satu program tersebut Lombok Timur dapat kembali `bersinar` mengingat kasus pandemi covid-19 yang berdampak luas terhadap berbagai sendi kehidupan masyarakat kian melandai.


Selain itu, Bupati juga mengajak masyarakat setempat mendukung pengembangan dan budidaya sorgum sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan mereka.


“Mari dukung program pemerintah ini, kita bersama-sama ikhtiarkan dengan tekad yang kuat, semangat membara dan kinerja faktual yang dapat kita laksanakan,” serunya. (np)

Tags

Post a Comment