Sijago Merah Lalap Open Tembakau Di Desa Beleka Loteng

Sijago Merah Lalap Open Tembakau Di Desa Beleka Loteng



LOMBOK TENGAH NTB Nusrapost.com -- Sijago merah melalap sebuah open Tembakau di Dusun Gedong, Desa Beleka, Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah Senin (27/9) sekitar pukul 19.10 Wita. Identitas pemilik yakni Senem alias Amaq Gunawan, (55) tahun alamat Dusun Gedong Desa Beleka. Saksi yang pertama kali mengetahui kebakaran tersebut adalah Hartono, 26 tahun, alamat dusun setempat.


Kapolres Lombok Tengah AKBP Hery Indra Cahyono, S.H, S.I.K, M.H, melalui Kapolsek Praya Timur IPTU Sayum menyampaikan Kronologis kejadiannya sekitar pukul 19.10 Wita, dimana saat kejadian korban sedang berada disekitar open bersama saksi kemudian korban melihat Kepulan asap keluar dari dalam serta melihat api sudah mulai membakar tembakau.


Korban dan saksi spontan berteriak meminta tolong dan masyarakat berbondong bondong membantu untuk memadamkan api, sekitar pukul 19.20 wita satu unit Pemadam Kebakaran dari Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur dan sekitar pukul 19.50 wita satu Unit Damkar Kabupaten Lombok Tengah tiba di lokasi kebakaran dan langsung membantu memadamkan api.


"Baru sekitar pukul 20.00 Wita api dapat dipadamkan,"jelasnya


Penyebab kebakaran diperkirakan karena adanya daun tembakau yang jatuh ke tungku selanjutnya api dengan cepat menyambar dan membakar tembakau yang dalam keadaan setengah kering.


Isi open tembakau yang terbakar tersebut sebanyak tujuh ton dan kegiatan Pengopenan sudah berlangsung selama lima hari. serta tembakau dan atap open terbakar secara keseluruhan. Akibat kejadian tersebut pemilik open  mengalami kerugian diperkirakan sekitar Rp. 50.000.000 dan tidak terdapat korban jiwa.


Berdasarkan keterangan saksi dan fakta - fakta di lapangan ditemukan bahwa kebakaran Open tersebut terjadi karena adanya daun tembakau yang jatuh ke tungku kemudian menyambar tembakau lainnya.


Hal lain juga didapatkan kurangnya penggunaan peralatan pengaman diatas tungku pengapian, sehingga daun tembakau kering yang jatuh dapat lansung terbakar. (np)

Tags

Post a Comment