Dukung Penguatan Literasi Promosi Pariwisata, BPPD Lotim Gelar Kemah Literasi dan Pelatihan Jurnalistik

Dukung Penguatan Literasi Promosi Pariwisata, BPPD Lotim Gelar Kemah Literasi dan Pelatihan Jurnalistik

Kepala BPBD bersama Sekretaris Daerah Lombok Timur didampingi Kepala Desa Loyok.

LOMBOK TIMUR NTB Nusrapost.com -- Berupaya untuk terus mendukung kapasitas citizen journalism sekaligus penguatan kapasitas literasi media online dan social media dalam promosi Pariwisata Kabupaten Lombok Timur. Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Lombok Timur menggelar pelatihan Jurnalistik dan Literasi media yang dikemas dalam kegiatan camping.


Adapun acara itu, di langsungkan mulai tanggal 2 hingga 4 April 2021, dengan mengangkat Tajuk “Kemah Literasi jurnalistik pariwisata Kabupaten Lombok Timur 2021", yang bertempat di Areal wisata Pradja Coffé Desa Loyok Kecamatan Sikur Lombok Timur dan dibuka langsung oleh Sekretaris daerah Lombok Timur, Drs.H.M. Juaini Taofiq, M.AP, Jum’at malam (2/4/2021).


Dalam sambutannya Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah ( BPPD ) Kabupaten Lombok Timur, Ahmad Roji memaparkan, kegiatan tersebut bisa melahirkan influencer - influencer dan promotor pariwisata di media online dan social media dengan literasi dan liputan citizens journalism yang berkualitas. Dimana kegiatan tersebut melibatkan 40 orang peserta dari kalangan millennial Terune Dedare Lombok Timur, Mahasiswa dan Pelaku Pariwisata di Kabupaten Lombok Timur.


“Kegiatan ini diharapkan mampu menguatkan kapasitas dan kualitas literasi serta sajian citizen journalism terkait pariwisata Lombok Timur yang berkualitas dan memenuhi standar sehingga
mampu mengabarkan berita baik yang menceritakan keunggulan,eksotisme dan berbagai hal yang bisa menjadi konten promosi pariwisata di gumi patuh karya dengan menarik,"Jelasnya.

Sementara itu,masih dipanggung yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur Dr.H.Mugni, S.Sn menyampaikan bahwa perbaikan literasi dan jurnalisme pariwisata Lombok Timur penting untuk dilakukan sehingga tidak ada kabar dan informasi yang kurang proporsional sampai ke khalayak dan dicerna oleh publik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


“Ada Media yang menyampaikan bahwa orang miskin tidak boleh berwisata,dan ini viral di social media padahal konten sesungguhnya terkait kebijakan itu belum tentu tepat karena kebijakan tidak pernah dibuat diskriminatif apalagi sampai melarang warga berwisata, oleh karena itu penguatan kapasitas dalam pemberitaan dan narasi social media harus terus dilakukan” papar pimpinan OPD yang membidangi Pariwisata Lombok Timur itu.


Senada dengan itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Timur Drs. H.M Juaini Taofiq, M.AP sebelum membuka acara menyampaikan Apresiasi kepada semua pihak yang tak pernah henti menunjukkan loyalitas terhadap pembangunan Daerah baik media,netizen,pegiat pariwisata dan juga instansi serta Lembaga yang terus bergerak ditengah pandemic,survive ditengah keterbatasan.


Dari itu Ia berharap kolaborasi semua pihak untuk mendukung pembenahan dan penguatan promosi pariwisata penting untuk dilakukan.


“Atas nama pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur,saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tak henti membuktikan loyalitas dalam pembangunan Daerah” Tutup Sekda (np).

Tags

Post a Comment