Aplikasi Siwaskam Digunakan Bawaslu Lotim Dalam Awasi Kampanye Pemilu 2024

Aplikasi Siwaskam Digunakan Bawaslu Lotim Dalam Awasi Kampanye Pemilu 2024


Lombok Timur Nusrapost.com -- Salah satu langkah dalam melakukan pengawasan Kampanye Pemilu tahun 2024. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) gunakan aplikasi Siwaskam. Yang mana aplikasi tersebut dipakai untuk meng-upload seluruh laporan hasil pengawasan yang telah dilakukan jajaran Bawaslu sampai tingkat Desa.

Komisioner Bawaslu Lotim Kordiv Parmas dan Humas Kasmayadi menyampaikan pendekatan pencegahan harus terpantau baik Bahan Kampanye (BK) dan Alat Peraga Kampanye (APK) di semua titip teridentifikasi oleh pengawas pemilu. Intinya tugas pengawasan itu melskukan pencegahan sebelum terjadinya pelanggaran.

Dalam pencegahan harus berbentuk tulisan himbauan yang dikirim ke semua yang terkait pemilu dan pada setiap orang yang tidak boleh terlibat,"

"Dengan mazhab pencegahan ini memungkinkan kita untuk melakukan pesta demokrasi dengan riang gembira," ucapnya saat melakukan rapat kerja teknis pengawasan kampanye berbasis aplikasi Sistem pengwasan kampanye (siwaskam) pada pemilu 2024 bertempat di Grand Orry Tetebtu. Senin (18/12/2023)

Ia meyakini dengan dilakukan pencegahan dengan memberikan himbauan pada semua pihak, maka tidak ada yang merasa keberatan. Bilamana terjadi dugaan pelanggaran dilakukan pencegahan dengan himbauan dan bila sudah melakukan itu baru dilakukan tindak lanjut dari pelanggaran.

"Karenanya semua kegiatan pengawasan yang dilakukan panwascam bersama jajaran di bawsh harus tertulis," pesannya.

Dikesempatan yang sama Jumaidi Komisinor Bawaslu Lotim Kordiv penanganan pelanggaran dan Data, disaat membuka rapat kerja teknis siwaskam menyampaikan Pencegahan dan penanganan pelanggaran dua jantung dalam denyutan nadi yang tidak bisa dipisahkan. 

"Jadi baru sempurnanya pengawasan itu bila sudah terpenuhi adanya pencegahan dan tindakan disaat sebelum berlangsungnya kampanye," terangnya.

Perbaikan konten sosial media dan narasi pengawasan agar lebih terarah dengan adanya siwaskam akan menjadi terarah dan dapat dipertanggungjawabkan pada publik

Melalui Siwaskam ini nantinya AKP yang manual yang dibuat oleh panwascam akan dimasukkan di aplikasi dan peristiwa yang ditemukan dilapangan akan diarahkan ke pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu.

"Karenanya melalui aplikasi akan mempermudah kinerja Panwascam dalam melakukan pengawasan," pungkasnya. (*)

ikuti kami di google news 

Tags

Post a Comment