Bupati Sukiman Buka Gawe Adat Desa Sapit Suela

Bupati Sukiman Buka Gawe Adat Desa Sapit Suela



Lombok Timur Nusrapost.com – Bupati Lombok Timur H.M Sukiman Azmy membuka secara resmi Gawe Adat Desa Sapit Kecamatan Suela. Kegiatan tersebut terpusatkan di Kantor Desa Sapit Rabu (13/9/2023). Hadir dalam kegiatan itu sejumlah tokoh Masyarakat termasuk Majelis Adat Sasak (MAS).

Dalam sambutannya Bupati Sukiman mengapresiasi semangat Masyarakat Sapit yang terus senantiasa melestarikan adat istiadat dan peninggalan leluhur. Sebab menurutnya tidak banyak desa yang melakukan hal serupa.  Padahal, ia meyakini adat istiadat yang dipelihara dengan baik akan mendatangkan banyak manfaat.

“Adat istiadat yang ditinggalkan para leluhur menyimpan jati diri Masyarakat sasak yang Tangguh dan ksatria,”ungkapnya.

Dari itu orang nomer satu di Lombok Timur itu berharap, adat tersebut untuk tidak hanya dipertahankan tetapi juga dilestarikan dan diwariskan kepada generasi penerus bangsa.

Sementara itu, Kepala Desa Sapit Sriatun mengatakan bahwa Gawe adat yang bertema membangun desa dengan keberagaman ditujukan untuk melestarikan adat istiadat yang salah satunya ditandai dengan pengukuhan Lembaga adat sasak. Sapit sebagai salah satu desa tua memiliki beragam adat istiadat seperti Bubus Batu, Nyelamet Reban, dan berbagai kegiatan lainnya.

“Sapit ini juga kaya akan prasasti dan peninggalan masa prasejarah yang akan di kembangkan untuk wisata budaya dan Sejarah,”tuturnya.

Selain hal itu, Gawe adat ini juga untuk mempersatukan semua elemen Masyarakat Sapit untuk mendukung keberlangsungan Pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarkat. (np)

Tags

Post a Comment