Optimalisasi PAD Dari Retribusi Pasar, Disdag Lotim Akan Lakukan Inovasi Dengan Menerapkan Sistem Barcode

Optimalisasi PAD Dari Retribusi Pasar, Disdag Lotim Akan Lakukan Inovasi Dengan Menerapkan Sistem Barcode


Lombok Timur Nusrapost.com – Sebagai upaya meningkatkan optimalisasi pencapaian pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi pasar, Dinas Perdagangan Lombok Timur bersama seluruh kepala Pasar menggandeng Bank NTB Syariah melakukan Bimbingan Teknis (bimtek) tentang penerapan system Barcode otomatis pada setiap penarikan retribusi disemua pasar yang ada.

“Layanan ini dibuat untuk mempermudah dan sebagai cara meningkatkan PAD dari sektor pasar,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lombok Timur, Lalu Dami Ahyani, sesaat setelah melakukan Bimbingan Taknis penerapan layanan Barcode bersama semua kepala pasar Rabu (14/12/2022).

Ia menyebutkan target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pasar tradisional di Lombok Timur sama dengan tahun sebelumnya yakni sebesar 15 milyar rupiah lebih, tetapi sampai saat ini target tersebut baru terealisasi sebesar 60 persen atau sebesar 9 milyar rupiah lebih.

"Tahun ini target kita secara total 15 miliar. Tapi pencapaian kita sampai saat ini masih berkisar di angka 9 miliar lebih, yang berasal dari 38 pasar di Lombok Timur,” jelasnya.

Capaian PAD pasar ditahun 2022 ini di targetkan sama dengan tahun sebelumnya, namun retribusi parkir pasar yang menjadi komponen tambahan PAD saat ini dikelola oleh Dinas Perhubungan.

"Kita hanya mengelola izin dasarannya, karcis dan sewa toko ruko di pasar." Paparnya.

Dari itu, untuk meningkatkan PAD dari sektor pasar, pihaknya akan menerapkan layanan Barcode otomatis agar transaksinya terjadi secara non tunai. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi potensi kebocoran PAD.

"Dengan menggunakan scan barcode otomatis, nantinya, transaksi bisa terjadi secara non tunai. Dan Penerapan layanan ini, kami mulaikan dengan melakukan bimtek sampai akhir tahun sehingga pelaksanaannya akan dimulai  pada awal tahun 2023 mendatang,”Terangnya (Cr-Am).

Tags

Post a Comment