Pilkades Serentak 2023, Pemda Lotim Siapkan 4,5 Milyar

Pilkades Serentak 2023, Pemda Lotim Siapkan 4,5 Milyar



Lombok Timur Nusrapost.com -- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2023, akan segera dilaksanakan di 53 desa. Berbagai persiapan telah dilakukan mulai dari pembentukan panitia dan besaran anggaran yang nantinya akan digelontorkan oleh Pemda Lotim.

Kepala dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) Kabupaten Lombok Timur, Drs Salmun Rahman mengatakan, sebelum terbentuk panitia dari tingkat desa Kecamatan, hingga Kabupaten. Pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk mensukseskan perhelatan tersebut yakni sekitar 4,5 Miliyar.

"Anggaran yang akan digelontorkan oleh Pemda Lotim, melalui dana APBD sebesar 4,5 Milyar, sehingga desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak diharapkan segera menyiapkan segala sesuatunya,"
ucapnya, Jumat (11/11).

Sebenarnya kalau kita lihat Pilkades ini lanjut Salmun, yang berperan penting adalah panitianya yang ada di desa, seperti membentuk KPPS dan sebagainya.

"Kalau kami di kabupaten dan kecamatan hanya sebatas pengawasan saja," terangnya.

Tak hanya itu, Salmun juga menyinggung terkait beberapa desa yang kepala desanya akan maju sebagai calon anggota legislatif, sehingga nanti ketika sudah masuk tahapan Pileg, harus membuat surat pengunduran diri, karena hal tersebut mengacu pada peraturan yang sudah ditetapkan.

"Jadi kalau mau maju jadi caleg, kepala desa bersangkutan harus segera mengundurkan diri, karena hal ini juga sesuai dengan peraturan KPU," ujarnya.

Kendati demikian, jika nanti kepala desa tersebut gagal jadi anggota legislatif, diperbolehkan mencalonkan diri kembali jadi kepala desa, namun tentu, jika masih belum habis periode jabatannya.

"Misalkan dia sudah menjabat dua periode, jadi masih bisa mencalonkan diri jadi kepala desa satu periode lagi, namun kalau sudah menjabat tiga periode ya tidak bisa," jelasnya.

Ia berharap semoga Pilkades serentak berjalan aman dan kondusif, tentu peran lapisan masyarakat juga sangat penting, untuk bersama-sama mengawasi jalanya pesta demokrasi ini.

"Kita sangat mengharapkan peran serta masyarakat untuk terus mengawal prosesi Pilkades ini, dan mari sama-sama kita jaga kondusifitas di wilayah masing-masing,"pungkasnya. (**)

Tags

Post a Comment