Status Rinjani Waspada Level II Pendakian Tetap Buka Tapi 3 Destinasi Non Pendakian Ditutup 

Status Rinjani Waspada Level II Pendakian Tetap Buka Tapi 3 Destinasi Non Pendakian Ditutup 

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Ady Arsiady

MATARAM NTB Nusrapost.com -- Semenjak 29 November 2021 lalu. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) telah merilis penutupan sementara tiga destinasi wisata non pendakian yang berada di wilayah Gunung Rinjani.


Ketiga destinasi tersebut yakni Air Terjun Jeruk Manis di Kecamatan Sikur, kemudian Air Terjun Mayung Polak di Kecamatan Pringgasela dan Air terjun Mangku Sakti di Kecamatan Sembalun Lombok Timur.


Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Ady Arsiady mengatakan, penutupan ketiga destinasi non pendakian tersebut dilakukan, berdasarkan update terkini dari data yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) per tanggal 6 Desember 2021. 


Dimana dalam data itu Gunung Baru Jari di puncak Gunung Rinjani berada pada status level II (Dua) Waspada sehingga potensi-potensi kecil yang bisa membahayakan masyarakat terus di antisipasi. 


"Destinasi non pendakian ini Air Terjun Jeruk Manis, Air Terjun Mayung Polak dan Air terjun Mangku Sakti,"Katanya melalui video yang diterima media ini Rabu (8/12/2021).


Adapun penutupan destinasi non pendakian itu, tidak mempengaruhi masyarakat dan wisatawan yang ingin melakukan pendakian ke-Gunung Rinjani sebab akan tetap dibuka namun para pendaki tidak di izinkan beraktivitas seluas 1,5 kilometer dari radius gunung baru jari.


"Pendakian di Gunung Rinjani tetap dibuka dengan ketentuan tidak ada aktivitas seluas 1,5 Kilometer dari radius Gunung Baru Jari,"jelasnya


Dari itu, ia menghimbau kepada masyarakat dan wisatawan untuk tetap tenang dan selalu mengupdate informasi perkembangan seputar Gunung Rinjani, media sosial balai taman nasional Gunung Rinjani. (np)

Tags

Post a Comment