Sinergitas Pentahelix Diyakini Berdampak Baik Bagi Pariwisata Lotim 

Sinergitas Pentahelix Diyakini Berdampak Baik Bagi Pariwisata Lotim 



Nusrapost.com -- Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu daerah di NTB yang menjadi salah satu tujuan wisata sebab sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi, berudara sejuk dengan pemandangan indah yang memberi nilai tambah bagi wisatawan.


Selain itu juga terdapat banyak objek wisata yang menjadi daya tarik mulai dari wisata alam, wisata bahari, desa wisata,wisata religi,serta bentang alam baik Laut dan pegunungan. Akan tetapi semua potensi tersebut ternyata belum bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap Pendapatan Daerah Regional Bruto (PDRB) yang hanya menghasilkan sebesar 4,6%.
 

"Ini sangat di sayangkan sekali, mengingat potensi wisata kita banyak tapi belum berdampak signifikan,"Ungkap Sekretaris Daerah Lombok Timur H.M Juaini Taofik dalam sambutanya pada acara Tourism pentahelix Discussion yang di selenggarakan oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah di Rumah Dinas Sekda Lombok Timur Selasa 28/12/2021.


Keberpihakan pemerintah untuk
mengembangkan pariwisata di daerah ini lanjut Taofik ditandai dengan diakuinya sebagian salah satu pilar ekonomi, terutama dalam meningkatkan pendapatan daerah, penyerapan investasi serta mengurangi pengangguran dengan membuka banyak lapangan pekerjaan baru. 


Namun demikian, pengembangan sektor ini
tidak dapat hanya bergantung pada
pemerintah, mengingat banyak pihak yang
terlibat dan berkepentingan. 


"Oleh karenaya diperlukan sinergisitas Pentahelix baik Akademisi,pelaku wisata, Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) pengusaha,serta awak Media,"ungkapnya. (np-NH)

Tags

Post a Comment