Sekda Lotim Pimpin Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana.

Sekda Lotim Pimpin Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana.

LOMBOK TIMUR - Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik memimpin apel kesiapsiagaan bencana alam, yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Lombok Timur Kamis (12/11). 

Apel tersebut diikuti Kodim 1615/Lotim, Polres Lotim, Dinas perhubungan, Pemadam kebakaran, PRC/SAR, Tagana, Satpol PP, PMI, OPD di lingkup Pemkab Lotim dan Linmas. Dan Kegiatan itu, ditutup dengan pemeriksaan alat serta kelengkapan sejumlah pimpinan.

Sekertaris Daerah Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik saat membacakan amanat Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal mengatakan, Intensitas dan kompleksitas bencana, dinilai telah menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang begitu besar.
Selain itu bencana juga berdampak terhadap aktivitas, produktivitas utamanya dalam keberlangsungan dunia usaha dan mata pencaharian masyarakat.

Kondisi saat ini, seperti yang disampaikan BMKG Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu, sudah memasuki musim penghujan yang puncaknya diperkirakan terjadi pada November 2020 hingga Februari 2021 mendatang yang berpotensi hujan lebat dan angin kencang serta bencana alam lainnya, termasuk tanah longsor akibat letak geografis.
 
Disampaikan Taufik, bencana alampun berdampak secara sosial seperti menyebabkan kerugian ekonomi. Karena itu dibutuhkan langkah-langkah antisipasi penanggulangan secara nyata dalam bentuk kesiapan personil dan sarana prasarana yang akan digunakan dalam penanganan bencana alam di wilayah kabupaten Lombok Timur. 

'Ini bentuk kehadiran negara di tengah masyarakat dalam setiap bencana, sehinggga dalam amanat itu, Kapolda menekankan sudah sepatutnya semua pihak tanggap terhadap perkiraan terjadinya bencana dan siap siaga serta bersinergi sampai tingkat terbawah guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan,"jelasnya (np)

Tags

Post a Comment