Nyaris Babak Belur Dihajar Masa, Pelaku Curanmor Diselamatkan Polisi.

Nyaris Babak Belur Dihajar Masa, Pelaku Curanmor Diselamatkan Polisi.

LOMBOK BARAT - Dalam pelaksanaan operasi Zebra Rinjani 2020, Personel Polres Lombok Barat berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda motor (Curanmor), sekaligus menyelamatkan terduga pelaku dari amukan masa. Operasi tersebut dilaksanakan di Desa Rumak, Kecamatan Kediri Lombok Barat bersama Instasi terkait lainnya berupa kegiatan himbauan Simpatik tanpa penindakan.

Kasat Lantas Polres Lombok Barat Iptu Rita Yuliana, S.I.K., M.M.,mengatakan persistiwa tersebut terjadi ketika Personel Operasi Zebra Rinjani. Saat itu, jajarannya sedang mebagikan masker dan hand sanitizer kepada pengendara yang tertib berlalu lintas. Tiba-tiba dari arah Mataram ada pengendara sepeda motor Beat diteriaki oleh warga.
Atas teriakan tersebut, spontan mengambil perhatian petugas yang sedang melaksanakan kegaiatan Operasi.

Warga teriak ‘maling maling’ dari arah jauh, anggota saya Aipda Yusuf spontan langsung mencoba menghentikan aksi terduga pelaku pencurian sepeda motor dimaksud. Namun tidak diindahkan, Kemudian Pihaknya langsung mengambil ancang-ancang dengan menendang kendaraan roda dua tersebut. 

"Setelah ditendang, pelaku kemudian terjatuh di aspal,” terangnya.

Sontak dari kejadian itu, pelaku bukannya menyerahkan diri ke polisi malah sembunyi ke salah satu rumah warga. Dirumah warga itu, pelaku bukannya mendapat perlindungan malah akan dihakimi warga setempat yang geram atas ulahnya.

Aksi itu, Kemudian membuat anggotanya yang tengah melaksanakan operasi langsung mengejar dan mengamankan pelaku guna mengantisipasi amukan itu.

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK membenarkan bahwa jajarannya berhasil menghentikan dugaan aksi pencurian sepeda motor ini.

Dari hasil pemeriksaan awal, pelaku mengakui beraksi seorang diri dan dikejar oleh pemilik kendaraan dan untuk sementara terduga pelaku maupun korban sedang dimintai keterangan di Satuan Reserse Kriminal Polres Lobar, dan Barang Bukti berupa Sepeda Motor Beat telah diamankan. 

“Terduga pelaku saat ini sudah diserahkan kepada Satuan Reserse Kriminal Polres Lombok Barat untuk diproses lebih lanjut,” ungkapnya

Sementara itu, viralnya peristiwa kebrehasilan polisi dalam menggalkan aksi Curanmor ini, Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto, S.I.K., M.Si., menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan menyerahkan proses hukumnya kepada pihak kepolisian.

“Walaupun Operasi Zebra Rinjani Kali ini bentuknya adalah kegiatan simpatik, kami berharap agar masyarakat tetap tertib dalam berlalulintas, termasuk dalam penerapan Protokol Kesehatan juga ini sangat penting,” tandasnya. (np)

Tags

Post a Comment