Semua Fraksi DPRD, Usulkan Juaini Taofik Jadi Calon Penjabat Bupati Lotim

Semua Fraksi DPRD, Usulkan Juaini Taofik Jadi Calon Penjabat Bupati Lotim


Lombok Timur Nusrapost.com -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Timur. Selasa (1/8/2023) secara resmi telah mengusulkan tiga nama yang bakal mengisi jabatan sebagai calon Penjabat Bupati Lombok Timur, yaitu, Drs H.M Juaini Taofik,MAp, DR. H. Fathul Gani, M.Si dan H. Ahsanul Khalik S.Sos MH. Dari ketiga nama tersebut 11 Fraksi DPRD mengusulkan H.M Juaini Taofik untuk mengisi jabatan tersebut.

Mekanisme pengusulan calon penjabat kepala dareah ini, berdasarkan amanat peraturan perundang-undangan dan telah sesuai dengan surat dari kementerian dalam negeri yang diterima DPRD Lombok Timur. Kemduian dari dasar itu, akhirnya pihak legislatif mengumumkan dan menetapkan nama-nama calon penjabat Bupati Lombok Timur. 

"Ada tiga nama yang muncul dalam usulan ini, Drs H.M Juaini Taofik,MAp (Sekda Lombok Timur) DR. H. Fathul Gani, M.Si dan H. Ahsanul Khalik S.Sos MH,"ungkap Wakil ketua DPRD Lombok Timur H.Daeng Paelori SE saat ditemui usai menggelar rapat paripurna.

Dikatakan Politisi Golkar ini, kalau melihat dari sisi track record, mereka adalah putra-putra terbaik yang dimiliki Lombok Timur namun dalam hal ini tentu pihaknya harus memilih satu.

Nama yang muncul dan di usulkan oleh 11 Fraksi yakni H.M Juaini Taofik. Tentu usulan ini, didasarkan oleh kriteria-kriteria hasil serapan pihaknya dari masyarakat. Salah satunya karena ia dinilai mampu dan telah banyak turun di masyarkat, mengenal kultur serta karakter masyarakat di wilayah bumi patuh karya secara utuh dan menyeluruh. 

Selain dari itu, dari sisi pengalaman birokrasi Ia pernah menjadi pejabat dari tingkat desa, kecamatan bahkan puncaknya di birokrasi sebagai sekretaris daerah. Selanjutnya dari sisi kepangkatan ia memegang posisi tertinggi di birokrasi.

"Ya mungkin dasar-dasar itu yang menyebabkan masyarakat lewat wakilnya di DPRD ini mengusulkan salah satunya adalah H.M Taofik,"jelasnya. 

Kewajiban kami di DPRD ini Kata HDP, hanya memberikan rekomendasi daftar usulan sebab keputusannya tetap dipemerintah pusat dalam hal ini kementerian dalam negeri.

"Nah H Taofik ini diusulkan oleh semua fraksi, 11 fraksi. Yang 10 fraksi mengusulkannya untuk di nomer urut 1,"ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok H.M Juaini Taofik mengatakan, bahwa sebagai pribadi biasa tentunya ia merasa bersyukur. Sebab usulan semua Fraksi di DPRD menandakan bahwa  hubungan harmonisasinya selaku TAPD sebagai pembantu kepala daerah dan wakil kepala daerah dengan DPRD Lombok Timur bagus.

"Artinya selama empat tahun saya menjadi sekretaris daerah, sebagai ketua TAPD tentu ini adalah bagian dari penilai positif,"katanya

Tentu sebagai pembantu kepala daerah, wakil kepala daerah dan DPRD Ia selaku komandan ASN merasa tersanjung bahwa dari 11 fraksi lebih pada indikator hubungan antara sekretaris daerah bersama DPRD itu harmonis.

"Hari ini saya bersyukur karena lebih kepada penilaian kinerja. Andaipun ada istilah mayoritas semua fraksi mengusulkan sekda, saya maknai masih sebatas refleksi tentang hubungan sekda dengan DPRD sebagai wakil rakyat. Baru sampai di tataran itu,"ungkapnya.

Ini dilihatnya sebab proses masih panjang sebagai mana amanat Permendagri 4 tahun 2023, akan ada terjaring 9 nama. 3 dari DPRD, 3 dari Gubernur dan 3 dari Kementerian dalam Negeri. 

"Nanti ada 9 nama yang digodok sebagai penentu akhir. Sehingga saya katakan jalan masih panjang,"tutupnya (np)

Tags

Post a Comment