12 Tahun TK Rinjani Tetebatu Lotim, Berkiprah Cerdaskan Generasi Bangsa Dari Pinggiran

12 Tahun TK Rinjani Tetebatu Lotim, Berkiprah Cerdaskan Generasi Bangsa Dari Pinggiran

Husniati Kepala Sekolah TK Rinjani Tetebatu Lombok Timur 

Lombok Timur Nusrapost.com -- TK Rinjani Tetebatu Kecamatan Sikur Lombok Timur, selama 12 tahun terakhir terus memberikan kontribusi terhadap pembangunan generasi bangsa yang berada di wilayah pinggiran.

Kepala TK Rinjani Tetebatu,Husniati mengatakan, kiprahnya dalam membangun generasi bangsa melalui dunia pendidikan di wilayah pinggiran Lombok Timur yang berbatasan langsung dengan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), tentu banyak tantangan dihadapi. 

Salah satunya yang terberat ialah, berjuang membangun mindset berfikir orang tua siswa agar lebih peduli dan mau menyekolahkan anak-anaknya sejak dini. Namun hal tersebut kini telah dibuktikan dengan, tasyakuran penamatan siswa dan siswinya yang di rangkaian dengan hari ulang tahun ke-12, Taman kanak-kanak yang dipimpinnya.  

"Sejak pendiriannya sampai sekarang TK Rinjani ini, telah mampu memberikan kontribusi positif dalam mendidik dan mencerdaskan generasi bangsa kedepan,"Ucap wanita yang akrab dipanggil ibu guru Hus saat dikonfirmasi Minggu (18/6), usai memberikan sambutan pada kegiatan penamatan anak didiknya.

Ia mengatakan, kegiatan tasyakuran penamatan yang dilakukannya begitu sederhana, namun meriah. Dan ini tidak terlepas dari dukungan, peran para guru serta orang tua wali murid yang mendukung kegiatan ini.

“Alhamdulillah kegiatan penamatan siswa ini berlangsung lancar seperti yang kami harapkan,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Husni membeberkan, proses perjalanan berdirinya TK Rinjani yang penuh dengan rintangan dibarengi semangat perjuangan tersebut, kini apa yang telah dimulainya telah mampu menumbuhkan semangat dan komitmen yang kuat, sehingga di usianya yang sudah beranjak 12 tahun ini, masyarakat sudah bisa merasakan hasilnya. Yang mana, pada mulanya banyak masyarakat  enggan menyekolahkan anaknya, kini berangsur-angsur mulai berubah dan banyak yang sedikit faham akan pentingnya pendidikan bagi anak sejak dini.

"Awalnya ditempat ini, banyak masyarakat yang enggan menyekolahkan anak-anaknya tapi dengan kegigihan dan semangat dewan guru akhirnya kini membuahkan hasil,"terangnya.

Oleh sebab itu lanjut Husniati kedepan pihaknya akan terus berbenah berinovasi untuk kemajuan TK Rinjani yang dipimpinnya. Agar kedepan dapat bersaing dengan sekolah lainnya yang ada di kecamatan Sikur khususnya dan Lombok Timur umumnya. 

Ia menurutkan, Jumlah siswa yang dimilikinya sampai saat ini sebanyak 50 orang. Sebagian besar berasal dari keluarga yang kurang mampu. Walau begitu semangat para orang tua dalam menyekolahkan anaknya kini tidak pernah surut dan mereka percaya melalui jalur pendidikan kehidupan ekonominya suatu saat bisa berubah. Kini pola fikir para wali murid sudah sedikit berubah dan menjadi peduli dengan pendidikan anak-anaknya. 

"Bayangkan sebelum TK Rinjani ini ada, para orang tua murid enggan menyekolahkan anaknya tapi setelah TK ini ada jarang ortu yang tidak menyekolahkan anaknya. Ini hal positif bagi kami dan menjadi semangat kami dalam membangun generasi bangsa lewat pinggiran,"tukasnya (np) 

Tags

Post a Comment