O2SN Tingkat Kabupaten Lombok Timur Diikuti 496 Peserta

O2SN Tingkat Kabupaten Lombok Timur Diikuti 496 Peserta


Lombok Timur Nusrapost.com -- Penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kabupaten kembali digelar di Lombok Timur. Pembukaan O2SN dimulai dengan parade yang diikuti 21 kontingen dari 21 Kecamatan se-Lombok Timur pada Senin, (19/06). O2SN tahun ini diikuti oleh 496 peserta dengan 6 Cabang Olahraga yang dilombakan yakni Atletik, Renang, Silat, Karate, Bulu Tangkis, dan Senam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. M Juaini Taofik pada saat membuka acara tersebut mengapreasiasi panitia penyelenggara yakni Dinas Pemuda dan Olahraga yang berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Sekda berpesan dan meminta komitmen dari penyelenggara agar pagelaran O2SN tetap dilaksanakan setiap tahunnya dalam kondisi apapun. Mengingat O2SN di Lombok Timur telah dilaksanakan sejak tahun 2008, Ia menyebut ajang O2SN ini berdampak pada meningkatnya prestasi Kabupaten di tingkat Provinsi dan prestasi Provinsi di kancah Nasional.

Terbukti dengan prestasi yang ditorehkan Lombok Timur pada Proprov 2023 yang meraih juara 3 umum dari target juara 5, dan NTB juga masuk dalam 10 besar di ajang PON. Ia menilai hal tersebut amat membanggakan Lombok Timur dan patut di apresiasi. Iapun optimis Lombok Timur dapat terus meningkatkan prestasi di tingkat Provinsi maupun Nasional.

Selain itu, Sekda Juaini mengapresiasi para guru khususnya guru olahraga yang selama ini sering terlupakan, ia meyakini bahwa guru olahraga di bangku sekolah adalah sebagai pondasi yang kuat dalam membentuk karakter para atlet sejak dini. Ia juga menyebut tidak akan ada atlet berprestasi tanpa adanya guru olahraga yang menanamkan nilai-nilai dasar pada para atlet sejak di bangku sekolah, maka pantaslah jika seorang guru di juluki sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Tak hanya itu, sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh kontingen, Sekda menambahkan 1 mata lomba pada kegiatan tersebut di luar cabor yakni lomba foto untuk para kontingen. Masing-masing kontingan di minta untuk berpose seunik mungkin untuk dapat meraih juara. nantinya kontingen dengan pose terbaik pada penutupan akan diberikan hadiah langsung oleh Sekda untuk juara 1, 2 dan 3.

Sekda juga berpesan kepada para atlet agar tetap semangat dan menjunjung tinggi sportifitas antar atlet sehingga dapat membawa nama baik Kabupaten Lombok Timur pada khususnya dan Provinsi NTB pada umumnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga H. Asrul Sani melaporkan kegiatan tersebut telah dipersiapkan sejak bulan Mei lalu. Ia menyebut O2SN yang di gelar mulai tanggal 19-23 Juni 2023 ini dilaksanakan secara berjenjang dan berkesinambungan, dengan tema kali ini merdeka berprestasi, talenta olahraga menginspirasi. (*)

 

Tags

Post a Comment