Peringatan Hari Amal Bakti, Melalui Bupati Sukiman, Menteri Agama Ingatkan Jaga Kerukunan

Peringatan Hari Amal Bakti, Melalui Bupati Sukiman, Menteri Agama Ingatkan Jaga Kerukunan

H.M Sukiman Azmi MM Saat membacakan Amanat Menteri Agama RI pada perayaan Hari Amal Bakti Tahun 2023

Lombok Timur Nusrapost.com -- Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 77 di Lombok Timur digelar di Halaman Kantor Bupati Lombok Timur. Bupati H. M. Sukiman Azmy langsung bertindak sebagai inspektur dalam upacara yang berlangsung Selasa (3/1) itu.

Dalam kesempatan itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan Bupati Lombok Timur,  mengajak seluruh ASN Kemenag untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Dan memberikan himbau agar menjadikan peringatan HAB sebagai momentum refleksi terhadap pengabdian sebagaimana khitah kelahiran Kementerian Agama.

Disampaikan pula bahwa Kementerian Agama telah bertransformasi dengan birokrasi yang lebih lincah, responsif serta transformasi digital mulai berjalan. Hal itu juga dibarengi pengembangan inovasi digital, mulai dari pusat hingga daerah. Salah satunya adalah Pusaka Super Apps. “Semua itu upaya untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan layanan kepada masyarakat,” katanya.

Selain itu, Kemenag juga terus memacu prestasi di lembaga pendidikan, baik tingkat nasional maupun internasional. Menag juga mengingatkan pentingnya menjaga kerukunan apalagi jelang Pemilu 2024. Ia menyebut, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Hal ini sejalan dengan tema HAB tahun ini “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat.” Menurutnya pembangunan membutuhkan stabilitas yang dapat terwujud ketika masyarakat hidup rukun dan damai. Karena itu Ia meminta ASN Kementerian Agama, khususnya terus menggelorakan semangat merawat kerukunan umat.

Ditekankannya agar ASN Kemenag mampu menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan.

Menteri juga mengajak agar menjadikan momen ini untuk meningkatkan soliditas organisasi dan berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kemenag yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Mengapresiasi ASN lingkup Kemenag, tahun 2023 ini, pada momentum HAB, Presiden memberikan penghargaan Satyalencana Karya Satya 30 tahun kepada 936 orang, 20 tahun kepada 2.860 orang, dan 10 tahun kepada 6.277 orang. Menteri Yaqut berharap penghargaan tersebut dapat meningkatkan kinerja ASN Kemenag dan menambah kebanggaan sebagai bagian dari Korps Kemenag.

Upacara yang diikuti pula oleh Pimpinan OPD, Kemenag, Kepala madrasah, KUA, dan jajaran ASN lingkup kabupaten Lombok Timur tersebut dirangkaikan dengan penyerahan cinderamata kepada 11 orang pensiunan ASN Kemenag yang bertugas di berbagai tempat. (**)

 

Tags

Post a Comment