BPVP Lotim Jadi Lokasi Perayaan Hari Migran, Ini Harapan Menaker RI Pada PMI

BPVP Lotim Jadi Lokasi Perayaan Hari Migran, Ini Harapan Menaker RI Pada PMI


Lombok Timur Nusrapost.com -- Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kabupaten Lombok Timur dijadikan sebagai lokasi perayaan hari migran oleh Menteri Ketenagakerjaan Repubik Infonesia. Minggu, 18 Desember 2022.

Dalam kegiatan yang mengangkat tema Pekerja Migran Indonesia, Bangkit Bekerja Indonesia Jaya itu. Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah memberikan apresiasi pada pemerintah Kabupaten Lombok Timur dan Pemerintah Provinsi NTB yang telah banyak menyumbang Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri. Hal demikianpun telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, mulai dari sebelum, ketika, dan setelah kembali.

"Dalam hal ini, Peran dan tanggungjawab pemerintah pusat sampai pemrintah desa pada masing-masing porsi sudah sangat jelas," Ujarnya saat ditemui media.

Ia mengatakan, kegiatan yang dilakukannya juga sejalan dengan tema konferensi G20 di Bali pada bulan lalu. "Saya kira sejalan dengan tema yang diusung pada presidensi G20 recover together, recover stronger," ucapnya.

Oleh karenanya ia berharapansemua bisa bersinergi sesuai dengan peran dan kewajiban masing-masing sehingga, perlindungan itu bisa dilakukan secara paripurna. Dan perlindungan itu dilakukan dari saat keberangkatan sampai dengan kembali ke rumah.

"Harapan kita PMI bisa benar-benar menjadi pahlawan devisa, kita hargai dengan memberikan perlindungan pada mereka" jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ida juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang bekerja agar berkerja dengan prosedur. Jika ingin mendapatkan informasi terkait penempatan pekerja migran agar mendatangi desa yang memiliki Desmigratif, Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA), serta Disnakertrans setempat.

"Ikutilah prosedur dengan baik, Jangan sekali-kali terbujuk rayu tipuan para calo' dengan iming-iming yang kadang-kadang tidak masuk akal," Tutupnya.(Cr-Am)

Tags

Post a Comment