Peringatan HUT RI Tingkat Kecamatan Montong Gading Diharapkan Bisa Bangkitkan Jiwa Patriotisme Anak & Masyarakat. 

Peringatan HUT RI Tingkat Kecamatan Montong Gading Diharapkan Bisa Bangkitkan Jiwa Patriotisme Anak & Masyarakat. 

 

Para siswi SMP di wilayah Kecamatan Montong Gading saat mengikuti Gelaran Gerak Jalan Indah di HUT RI ke 77




Lombok Timur Nusrapost.com -- Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 diberbagai pelosok tanah air terus digelar. Tentunya dengan beragam cara dan kegiatan, seperti halnya di Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur. Yang mana di kecamatan tersebut peringatan hari kemerdekaan, dijalankan dengan berbagai lomba dan diharapkan dari setiap kegiatannya bisa membangkitkan jiwa patriotisme anak-anak dan masyarakat. 





"Harapan kami dari kegiatan ini, semoga kedepan anak-anak dan masyarakat bisa bangkit lebih giat dan menjiwai nilai perjuangan, patriotisme para pahlawan,"Kata Ketua panitia peringatan HUT RI ke 77 Kecamatan Montong Gading Ainudin S.Sos saat ditemui Kamis (11/8).




Dikatakan Ainudin pelaksanaan peringatan HUT RI di Montong Gading sendiri dijalankan setiap hari yang dimulai tanggal 3-16 Agustus mendatang. Dimana, sejak tanggal 3,4,5 Agustus kemarin, pihaknya mengawali lomba dari tingkat Anak-anak TK/Paud yakni Tahfiz Al-Qur'an, Lomba Tancap Bendera serta Senam Kreasi Ibu-ibu Paud.




Kemudian setelah itu, dilanjutkan dengan lomba gerak jalan cepat tepat yang pesertanya dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan umum. Begitu juga dengan Gerak Jalan Indah diikuti dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan umum termasuk nantinya karnaval. 




"Untuk Pawai/Karnaval sendiri akan dimulai hari Minggu 14 Agustus mendatang yang pesertanya dari tingkat TK dan SD. Berikutnya hari Senin tanggal 15 Agustus dilanjutkan dengan Tingkat SMP. Hari Selasanya tingkat SMA dan Umum,"katanya.





Mengenai Gerak jalan cepat tepat lanjut pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Camat Montong Gading itu, di gelarnya selama tiga hari kemudian Gerak jalan indah selama empat hari yang kesemuanya digelar selama seminggu dan pesertanya dari tingkat SD sampai umum.




"Gerak jalan saja yang 2 cabang itu seminggu kita laksanakan. Gerak jalan cepat tepat tiga hari dan gerak jalan indah empat hari,"Jelasnya.

 



Adapun yang saat ini sudah berjalan yakni tingkat SMP yang pesertanya sekitar 65 regu dari berbagai sekolah menengah pertama sederajat. Kemarin tingkat Sekolah dasar dengan pesertanya sekitar 74 regu kemudian untuk besok tanggal (12/8) pesertanya belum bisa dipastikan mengingat, pendaftarannya masih dibuka sampai menjelang pelaksnaannya.





Selain lomba tersebut, pihaknya juga tetap melakukan penjaringan pada bakat-bakat anak-anak khususnya yang SMA dan bila mungkin didorong untuk ikut menjadi Paskibra Kecamatan dan kabupaten.




"Karena sudah 2 tahun ini, tidak ada keramaian dalam memperingati HUT RI ini. jadi dengan kita mengadakannya sekarang semoga jiwa-jiwa perjuangan dan patriotisme mereka akan bangkit,"Tutupnya.




Usai pelaksanaan kegiatan gerak jalan indah tingkat SMP, Camat Montong Gading Arfin S.Ip MM yang ditemui media ini menyampaikan rasa terima kasihnya, kepada seluruh masyarakat dikecamatan yang ia pimpin, baik secara umum, para pelajar ibu-ibu guru, terutama sekali dari Forkopincam setempat.



"Alhamdulillah mulai tanggal 1 Agustus 2022 yang lalu kita telah mulai berbagai macam kegiatan. Untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 tingkat kecamatan Montong Gading. Tentu saja berbagai macam lomba yang kita laksanakan ini, dalam rangka memberikan edukasi dan semangat kepada masyarakat,"jelasnya.





Dari kegitan ini lanjut Arfin, yang lebih penting adalah bagaimana membangkitkan jiwa dan semangat nasionalisme seluruh rakyat, seluruh warga dan masyarakat, untuk menjadi satu kesatuan yang utuh guna menumbuh kembangkan semangat jiwa persatuan dan kesatuan di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 



"Melalui peringatan HUT RI ke 77 Kami meminta agar seluruh masyarakat Kecamatan Gading untuk selalu bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas limpahan rahmat kemerdekaan yang telah diraih bangsa tercinta ini,"Jelasnya.




Oleh karna itu, ia menghimbau agar masyarakat terus memeriahkan peringatannya dengan bersama-sama memasang bendera, umbul-umbul, spanduk dan lain sebagainya didepan rumah masing-masing dan yang tidak kalah pentingnya ia juga meminta agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai macam virus dan penyakit.




"Mari sejak tanggal 1 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2022 ini kita bersama-sama meriahkan peringatannya dengan memasang bendera, umbul-umbul, spanduk dan lain sebagainya dan yang paling penting Mari kita jaga kesehatan kebersihan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita terhadap Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas nikmat yang telah diberikan sampai sekarang,"Ujarnya. (np)



Tags

Post a Comment