Upaya Selesaikan Masalah PMI Ilegal, PJ Bupati Lotim Terima Kunjungan Wantimpres

Upaya Selesaikan Masalah PMI Ilegal, PJ Bupati Lotim Terima Kunjungan Wantimpres

Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik saat menerima kunjungan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Lombok Timur Nusrapost.com -- Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik menerima kunjungan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Kunjungan pada Kamis (14/3) tersebut merupakan bagian dari kegiatan pengumpulan data dan informasi tentang penyelesaian masalah Pekerja Migran Indonesia unprosedural (PMI ilegal) dan tenaga kerja.

Menerima tim yang terdiri dari Kepala Biro Data dan Informasi M. Arfan Sahib Sali K., smarteam dan sekretaris anggota Wantimpres, Pj. Bupati menyampaikan sejumlah kondisi pekerja migran Lombok Timur yang disebutnya sebagai yang terbesar ke- tiga di Indonesia. la juga menyampaikan sejumlah upaya Pemda mendukung PMI, termasuk yang ilegal seperti membantu pemulangan PMI, utamanya yang meninggal dunia.

Pj. Bupati juga mengakui jumlah PMI ilegal asal mengalami Lombok Timur terus penurunan seiring diberlakukannya identitas tunggal (single identity) dan edukasi yang dilakukan bekerja sama dengan sejumlah lembaga non pemerintah (NGO). Diakuinya kerja sama dengan lembaga terkait juga memudahkan koordinasi dan penanganan masalah PMI.

Selain mengumpulkan data dan persoalan PMI, Wantimpres juga membahas proses rekrutmen peserta dan berjalannya pendidikan dan pelatihan di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur. Karena itu usai diterima Pj. Bupati Tim melanjutkan kunjungan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta BPVP Lombok Timur.

Hasil kunjungan ini nantinya akan disampaikan kepada Presiden dalam bentuk rekomendasi pengembangan kegiatan dan program.(*)

Ikuti kami di google news 

Tags

Post a Comment