Desa Masbagik Utara Baru Lotim Akan Gelar Pemilihan BPD

Desa Masbagik Utara Baru Lotim Akan Gelar Pemilihan BPD

Khaerul Ihsan, SH Kepala Desa Masbagik Utara Baru  

Lombok Timur Nusrapost.com – Pemerintah Desa Masbagik Utara Baru Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur, dalam waktu dekat akan menggelar pemilihan calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Hal demikian dilakukan lantaran masa jabatan anggota BPD yang sudah ada didesa tersebut akan segera berakhir pada pertengahan bulan September 2023 mendatang.

Kepala Desa Masbagik Utara Baru Khaerul Ihsan, SH saat dikomfirmasi Rabu (2/8/2023) mengatakan, Pemilihan calon anggota Badan Permusyawaratan Desa akan dilangsungkan pada bulan Agustus 2023 ini. Dimana saat ini proses pemilihan tersebut telah dimulai dengan pembentukan panitia yang akan mulai bekerja untuk mempersiapkan persyaratan secara administrasi.

“Di desa ini jumlah BPD yang akan terpilih nantinya 7 orang perwakilan dari setiap dusun. Karena jumlah dusun disini 6, maka satu dusun satu perwakilan tapi ada satu dusun yang harus terpilih 2 orang sebab dilihat dari sebaran jumlah penduduknya,”ungkap Kepala desa yang telah menjabat selama tiga periode didesa tersebut.

Dalam regulasinya kata Khaerul, proses pemilihan ini, bisa dijalankan dengan dua sistem yakni pertama pemilihan oleh Masyarakat secara langsung dan kedua bisa menggunakan sistem keterwakilan. Hanya saja untuk meminimalisir anggaran dan setiap kemungkinan yang bisa saja terjadi pihaknya akan menggunakan sistem keterwakilan. Yang nantinya akan dianggarkan dari Alokasi Dana Desa (ADD).

“Anggaran pemilihan ini, tetap bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) bukan dari Dana Desa (DD),”tegasnya.

Ia berharap dengan dimulai proses ini masyarakat yang ingin menjadi BPD agar mempersiapkan diri dan melakukan pendaftaran di panitia yang sudah terbentuk. (np)

 

 

 

Tags

Post a Comment