Upaya Maksimal Layani Masyarakat, Puskesmas Montong Betok Rutin Turun Supervisi ke Pustu dan Polindes

Upaya Maksimal Layani Masyarakat, Puskesmas Montong Betok Rutin Turun Supervisi ke Pustu dan Polindes


Lombok Timur Nusrapost.com – Sebagai langkah nyata dalam memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarkat, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Montong Betok Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur rutin turun melakukan supervisi terpadu ke semua Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pondok Bersalin Desa (Polindes) yang ada diwilayah kerjanya.

Tim monitoring Puskesmas Montong Betok Lalu Ahmad Rifa’i SKM mengatakan, supervisi terpadu yang digelar pihaknya dengan interval waktu sekali dalam tiga bulan tersebut, menyisir 10 lokasi diantaranta 3 Pustu dan 7 Polindes. Dimana dalam supervisi terpadu itu, yang menjadi fokusnya adalah kualitas layanan,baik berupa sarana prasarana, tenaga kesehatan, administrasi,dan alat kesehatannya. 

“Secara umum, supervisi ini kami mulai dari administrasi dan SOPnya masing-masing. Sampai dengan pengecekan apakah ada alatnya yang rusak atau bagaimana. itu semua tetap kita pantau,” ungkapnya saat dikonfirmasi Kamis (22/6/2023).

Selain itu, lanjut Rifa’i, yang menjadi fokusnya dalam melakukan supervisi terpadu ialah mengenai ketersediaan obat-obatan serta capaian pelayanan kesehatan pada masyarakat di masing-masing wilayah pustu dan polindes. Misalkan dalam hal ketersediaan obat-obatan,bila ditemukan masih ada yang kurang stok maka pihaknya akan terus berupaya untuk melengkapinya dengan berkoordinasi dengan pihak terkait yakni dinas.

“Ini yang kami lakukan untuk mengetahui secara langsung apa saja capaian pendukung pelayanan untuk masyarakat,”jelasnya  

Sementara itu, Kepala Puskesmas Montong Betok Lalu Muhammad Yunus menambahkan, bahwa dalam melakukan supervisi terpadu pihaknya (tim Puskesmas Montong Betok) tetap melakukan pengecekan terkait dengan kelengkapan administrasi, dan kelengkapan pendukung pelayanan lainnya seperti alat kesehatannya, dan sarana dan prasarana.

“Nah itulah yang kita monitoring ke Pustu dan Polindes untuk mengetahui pendukung pelayanan kesehatan di masyarakat. Supaya masyarakat setempat merasa puas terlayani di pelayanan paling dasar,” jelasnya.

Untuk kelengkapan alat kesehatan, katanya, sekarang ini tengah didroping dari pemerintah yang sumber dananya dari DAK pusat, untuk Pustu dan Polindes. 

Tujuannya untuk mendukung pelayanan di tingkat paling bawah, dalam meningkatkan derajat layanan kesehatan masyarakat, menurunkan angka kematian ibu dan bayi balita terutama untuk polindes sedangkan untuk Pustu agar pelayanan lebih dekat dengan masyarakat.

“Pemerintah melengkapi alkesnya sekarang ini, untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan di masyarakat,”tutupnya (np)

Tags

Post a Comment