Juani Taofik ; Kerjasama Pemda Dibidang Pendidikan Sudah Semestinya Jadikan Prioritas Utama

Juani Taofik ; Kerjasama Pemda Dibidang Pendidikan Sudah Semestinya Jadikan Prioritas Utama


Lombok Timur Nusrapost.com – Persatuan Guru Nahdlatul Wathan (PGNW) menggelar acara halal bi halal Senin (8/5/2023). Mewakili Bupati H.M.Sukiman Azmy, Sekretaris Daerah Lombok Timur  H.M.Juaini Taofik dalam sambutannya menyampaikan tentang kiprah PGNW dalam dunia Pendidikan oleh sebab itu, sudah semestinya kerjasama Pemerintah daerah dibidang Pendidikan menjadi prioritas utama disamping bidang Kesehatan.

Mengingat kata dia salah satu raport resmi dari Pemerintah adalah Human Indeks Development atau  Indeks Pembangunan Manusia dalam mengukur kinerja pemerintah Daerah dengan masyarakatnya. Diantaranya adalah dengan membangun kerjasama dalam meningkatkan dunia Pendidikan guna mengentaskan Kemiskinan dan Kebodohan.

Terbukti dari torehan capaian IPM Lombok Timur yang mengalami kenaikan 2 digit dari ranking atau peringkat 9 di tahun 2019 naik menjadi ranking atau peringkat ke - 7 ditahun 2022.

"Pemda Lotim harus pandai  bersyukur mengingat Trending IPM ditahun 2019 Lotim diranking - 9  bisa naik 2 digit ke ranking ke -7 di tahun 2022. Hal itu terlaksana tentu tidak lepas dari jasa para guru di setiap satuan Pendidikan", tuturnya..

Kata Sekda Lotim, ada tiga komponen yang harus tetap berjalan guna mempertahankan bahkan meningkatkan capaian IPM melalui sektor Pendidikan. Pertama adalah Kolaborasi, dimana semua guru harus bisa berkolaborasi terutama pada harapan lama sekolah. Agar para pemuda yang putus sekolah melalui organisasi organisasi kemasyarakan yang ada bisa terakomodir sehingga mereka tidak putus asa. 

Rata - rata lama sekolah juga berpengaruh terhadap Kecerdasan Intelektual. Sehingga meskipun masa lama sekolah mereka tidak lama tapi mereka pintar, itu akan membuat warga tidak dibodoh - bodohi ketika mereka mencari kerja.

Ia juga menyebut capaian prestasi Lombok Timur yang di rilis Harian Kompas.com Dimana Kompas merilis  dari 514 Kabupaten lebih yang ada di Indonesia, Kabupaten Lotim masuk ranking 3  Indeks Layak Huni sementara 4 masuk Ranking 4 setelah di lihat dan di nilai dari banyak aspek oleh ahli demografi. Diantaranya penilaiannya aspek lingkungan, kondisi sosial dan potensi ekonomi dan infrastruktur.

Hikmah yang bisa di ambil kata Sekda, para guru harus bisa mendidik generasi kedepan agar lebih cerdas. Agar siap menjadi tuan rumah didaerah sendiri.Kedua adalah  Komunikasi,  mengingat siapapun kata  Kak Ofik sapaan akrabnya yang pintar merawat Komunikasi atau memiliki ilmu komunikasi yang  bagus pasti akan menghasilkan banyak keuntungan positif dalam kehidupannya.

Ketiga adalah Kritikal, ia meminta k pada semua tokoh baik tokoh publik maupun tokoh agama dan tokoh pendidikan  agar legowo pada saat menerima kritikan. Mengingat menurut Sekda kritik adalah akan menjadi input yang akan membangun dan akan memberi manfaat bagi diri sendiri bahkan orang lain.

"Mari kita memberikan kritik dengan cara yang santun", tutupnyaSekda Lotim. (np).

 

Tags

Post a Comment