Diskapang Akui Kebutuhan Pangan Di Lombok Timur Sampai Kini Masih Tetap Aman

Diskapang Akui Kebutuhan Pangan Di Lombok Timur Sampai Kini Masih Tetap Aman

Lombok Timur Nusrapost.com -- Pada awal tahun 2023 ini, sering terjadinya bencana alam seperti angin kencang yang disertai dengan hujan lebat, menyebabkan tanaman masyarakat menjadi rusak hingga gagal panen. Namun, ketersediaan pangan di Lombok Timur masih relatif aman untuk kebutuhan masyarakat yang ada di Lombok Timur.

Kepala Bidang Ketersediaan Dan Kerawanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Lombok Timur, Muhamad Syafrudin menyampaikan, ketersediaan pangan dari dua belas indikator ketahanan pangan seperti beras dan jagung bisa mencukupi kebutuhan masyarakat hingga tiga bulan kedepan.

"Dari stok yang ada, terdapat 30.000 ton beras yang saat ini menjadi cadangan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat." tuturnya, saat ditemui di ruang kerjanya (5/1/23).

Ia menyebutkan, dari 500 hektar lebih zona pertanian di Lombok Timur, kebutuhan masyarakat bisa terakomodir dengan baik, asalkan para petani tidak menjual hasil tanamannya ke luar daerah. Angka ini terus bertambah seiring para petani yang saat ini memasuki masa panen dan sebagain baru memasuki masa tanam.

"Adapun 12 kebutuhan pokok yang masuk dalam ketahanan pangan di wilayah Lombok timur antara lain beras, jagung, daging sapi, daging ayam, telur ayam, minyak goreng, gula pasir, cabe rawit, cabe besar, bawang putih, bawang merah, kedelai." pungkasnya. (Cr-Am).

Tags

Post a Comment