News Breaking
Live
wb_sunny

Program Pamsimas Di Desa Lendang Nangka Mulai Terbangun, Targetnya 80 Hari Harus Selesai

Program Pamsimas Di Desa Lendang Nangka Mulai Terbangun, Targetnya 80 Hari Harus Selesai

Wendi Sazali Ketua Pokmas Pamsimas "Punik Datu"Desa Lendang Nangka

Lombok Timur, Nusrapost.com -- Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) mulai terbangun di wilayah Desa Lendang Nangka Kecamatan Masbagik Lombok Timur.

Dimana pembangunannya sendiri ditargetkan selesai dalam 80 hari kerja yakni pada 25 Desember 2022 mendatang harus sudah dilaksanakan serah terima dengan Pemerintah Provinsi NTB.

"Adanya program pamsimas di desa ini semoga bisa mengaliri dua kewilayahan  yang masih kekurangan air bersih, yang jangkauannya sekitar 3,6 Km," Kata Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Punik Datu Desa Lendang Nangka Kecamatan Masbagik, Wendi Sazali saat ditemui Rabu (5/10/2022).

Dikatakan Wendi,Sumber anggaran dalam pembangunan Pamsimas ini yakni berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 400 Juta, Swadaya Masyarakat Rp 43 Juta dan Rp 1 Juta dalam bentuk incash.

"Total anggarannya, Rp 444 juta bersumber dari APBN Rp 400 juta, Swadaya masyarakat Rp 43 juta dan 1 juta dalam bentuk incash,"katanya

Oleh karenanya Ia berharap dengan adanya bantuan Pamsimas Pemerintah Desa (Pemdes) nantinya memiliki rencana untuk penataan sampah, mengurangi angka stanting dan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

"Kami sangat berharap ada inovasi dari Pemdes nantinya setelah bisa mensuplay air ke 2 kewilayahan" harap Wendi.

Sementara itu, Kepala Desa Lendang Nangka, Lalu Muhammad Isnaini memberikan apresiasi atas terlaksananya pembangunan Pamsimas pada desa yang dipimpinnya. Hal demikian merupakan program yang baik untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

"Kepedulian masyarakat akan adanya pamsimas ini sangat tinggi. Ini dapat dilihat dari dana swadaya masyarakat sebesar Rp 43 Juta untuk mendukung program ini," Katanya.

Dalam pelaksanaannya nanti, Pamsimas Punik Datu ini, ditargetkan akan mampu memberikan suplay air bersih kepada 500 Kepala keluarga (KK) di dua Kewilyahan yakni Kampung Masjid dan Dalem Lauq Desa Lendang Nangka. Yang pengelolaan kedepannya akan di laksanakan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) melalui unit Penyediaan Air Minum Desa (Pamdes)

"Kami berharap nantinya masyarakat bisa menjaga sarana Pamsimas yang sudah diberikan pemerintah ini," Tutupnya (np)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment