Pra Pilkades Serentak, Calon Kades Se Sumbawa Gelar Deklarasi Damai

Pra Pilkades Serentak, Calon Kades Se Sumbawa Gelar Deklarasi Damai


Sumbawa Nusrapost.com -- Menghadapi perhelatan pemilihan kepala desa serentak tahun 2022. Forkopimda Sumbawa Berikan Pengarahan Teknis (Coaching Clinic) dan Deklarasi Damai Calon Kepala Desa. Kegitan tersebut berlangsung di Aula lantai III kantor Bupati Sumbawa, Kamis (20/10/2022).

Hadir dalam acara itu, Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Sekda Sumbawa Drs. Hasan Basri, MM, Waka Polres Sumbawa Kompol Rafles P. Girsang, S.IK, Staf Ahli Bupati Sumbawa Bidang hukum Setda Sumbawa Ketut Sumadi Artha, SH, Kepala Dinas PMD  Sumbawa Rachman Ansori, S.Sos, M.Si, Ketua KPU Sumbawa M. Wildan, M. Pd, Pasi Pers Kodim 1607 Sumbawa Kapten I Wayan Sulendra, para Camat, Para Kapolsek jajaran Polres Sumbawa, para Calon Kepala Desa, Ketua Panitia Pilkades dan Panitia Pilkades serta Tamu undangan yang berjumlah sekitar 200 orang.

Dalam kegiatan itu dilakukan Penyerahan Salinan DPT Pilkades Serentak untuk 20 Panitia Pilkades masing - masing Desa kepada Panitia Pilkades Kabupaten.

Selanjutnya pembacaan Deklarasi Damai oleh Calon  Kepala Desa yang dipimpin H. Abdul Wahab Calon Kepala Desa Batu Bangka Kecamatan Moyo Hilir. 

Adapun isi Deklarasi damai  sebagai berikut:

a. Menjaga keamanan dan ketentraman dan ketertiban masyarakat Desa selama dan setelah proses pelaksanaan tahapan pemilihan kepala Desa.

b. Tidak akan melakukan praktek politik uang/money Politik, kampanye hitam black Campaing serta seluruh kegiatan yang dapat menciderai proses pemilihan Pilkades Serentak.

c. Siap menang dan siap kalah serta bersedia menerima hasil pemilihan Kepala Desa sesuai dengan peraturan perundang - Undangan yang berlaku.

d. Bertanggung jawab mengendalikan masa pendukung untuk tidak melakukan hal-hal maupun perilaku yang berproses mengganggu kondusifitas dan stabilitas Desa.

e. Siap menjunjung tinggi pelaksana pemilihan Kepala Desa Serentak dan penerapan protokol kesehatan.

f. Mewujudkan pelaksanaan pemerintahan Desa yang bersih dan berwibawa serta bebas korupsi kolusi dan nepotisme serta mendahulukan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi maupun golongan.

Setelah pembacaan deklarasi damai, kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Deklarasi Damai oleh Calon Kepala Desa Pada Pilkades Serentak tahun 2022 dan Penandatanganan Deklarasi Damai oleh Forkopimda Kabuapaten Sumbawa.

Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya menekankan kepada seluruh panitia penyelenggara baik ditingkat kabupaten, kecamatan terlebih panitia penyelenggara dan panitia pengawas pilkades di tingkat desa, agar betul-betul memahami dan mengikuti peraturan perundang - undangan yang berlaku dalam melaksanakan tugas.

"Jangan ragu untuk melakukan koordinasi dan konsolidasi apabila menjumpai hal hal yang berpotensi dapat mengganggu pelaksanaan pilkades di desa masing-masing", pinta Haji Mo. 

Kepada para calon Kepala Desa, Bupati Sumbawa mengharapkan selalu menjunjung tinggi nilai Kesumbawaan, saling menghormati antar calon karena pada dasarnya kita semua bersaudara. Tetap menjaga keharmonisan, kedamaian dan kondusifitas serta ketentraman di tengah masyarakat selama dan setelah proses tahapan Pilkades.

Selain itu, tidak melakukan upaya Praktek Money Politik, Black Campain, ujaran kebencian serta aktfitas lain yang berpotensi mencederai proses pelaksanaan Pilkades Serentak serta tetap mematuhi Prokes Covid 19.

"Sosialisasikan cita cita visi Misi membangun desa desa gemilang berkeadaban yang selaras dengan RPJMD Kab. Sumbawa tahun 2021 - 2026. Siap Menang Siap kalah serta bersedia menghormati hasil Pilkades serentak sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku. karena pada dasarnya yang terpilih menjadi kepala desa adalah suatu kehendak Allah SWT yang terbaik melalui pilkades", ujarnya. 

Bupati juga berharap kepada aparat keamanan dari TNI-POLRI agar tetap melakukan pengawasan dan pengamanan selama dalam Pilkades Serentak agar tetap terjaga kondusif dengan aman damai, tutupnya. (NH)

Tags

Post a Comment