Masjid Bengan Songak Juara I DMI Award NTB 2022

Masjid Bengan Songak Juara I DMI Award NTB 2022

Beginilah kondisi Masjid Bengan songat Kecamatan Sakra Lombok Timur


Nusrapost.com -- Pengurus Dewan Masjid Indonesia ( DMI) wilayah NTB, menggelar DMI Award NTB 2022. Pada kesempatan itu, Masjid Bengan Songak, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur berhasil keluar sebagai juara pertama pada kategori Masjid Jami'. 


Pemberian penghargaan untuk seluruh Masjid di wilayah Nusa Tenggara Barat di hadiri seluruh peserta yang memenangi kategorinya masing-masing. Adapun untuk anugerah itu berdasarkan tipologi masjid pada suatu daerah yang tergolong pada ketegori Masjid Jami' Provinsi, Kabupaten/Kota sampai dengan tingkan desa /Kelurahan. Acara itu digelar di Ballrom Masjid Hubbul Wathon Islamic Center Mataram, Senin (15/8/2022)


Pada kategori masjid Jami' tingkat desa dan kelurahan di Lombok Timur, Masjid Kuno Songak yang oleh masyarakat setempat menyebut dengan nama Masjid Bengan keluar sebagai juara I tipologi atau kategori Masjid Jami' Desa / Kelurahan di wilayah Kabupaten Lombok Timur. 


Ketua Pengurus DMI Lombok Timur, H Mashur menilai, Masjid Bengan merupakan situs bersejarah yang masih mempertahankan fungsi ke masjidnannya, dengan masjid lain yang tergolong baru berdiri. "Nilai sejarah, budaya dan agama menjadi daya tarik Masjid Kuno Songak, disamping arsitekturnya yang masih terjaga" Ungkap Panitia atau Pengurus DMI NTB 


Sementara itu, Pemerhati Masjid Bengan, Murdiyah, yang sehari-hari mengurus bangunan tua itu mengungkapkan syukur kepada Allah SWT, atas pengahrgaan tersebut. 


Pria yang juga sebagai Pemangku Adat dan Agama di wilayah Desa Songak ini, menyebut anugrah itu sebagai bukti cinta, kasih sayang, serta penjagaan sang Khalik atas masjid ini. Yang didirikan oleh para Wali Allah. "Anugerah juara I ini, menjadi bukti bahwa Allah SWT memberikan bukti bahwa Masjid Kuno Songak masih dijaga oleh Allah Yang Maha Rahman Rahim, dan kami mengucapkan rasa terima kasih pada Dewan Masjid Indonesia NTB yang telah memberikan penghargaan ini" Ucap Murdiyah. 


Menurut Wakil Ketua Lembaga Adat Dhrama Jagad Songak, Rof'il Khaeruddin, menagatakan, penghargaan itu disebutnya sebagai simbol peradaban islam di Desa Songak, yang masih diakui masyarakat NTB khususnya, secara Nasional pada umumnya. "Tentu melalui situs bersejarah Masjid Kuno Songak, dengan demikian masyarakat Songak harus bersyukur," Katanya


Untuk diketahui, Masjid Kuno Songak merupakan salah satu Masjid yang terpilih sebagai Masjid Cagar Budaya yang masuk pada Peninggalan Sejarah Islam Indonesia Timur yang telah diterbitkan oleh Kemendikbud pada tahun 2020 lalu. Maka hal ini juga menjadi salah satu alasan Masjid Kuno Songak menjadi juara I kategori Masjid Jami' Desa / Kelurahan di wilayah Lombok Timur (*)

Tags

Post a Comment